UPN Veteran Jakarta Kembali Gelar Webinar Series 2 Bela Negara Bahas Cyber Security dan Membela Negara di Dunia Maya

 

Humas UPNVJ – Kamis 21 Januari 2021 UPN Veteran Jakarta kembali menyelenggarakan Webinar Series bela negara ke 2 dengan topik Cyber Security dan Membela negara di Dunia Maya. Webinar Series kali ini masih dalam rangka kegiatan Dies Natalis UPNVJ ke 58, dengan pembicara-pembicara yang mumpuni pada bidangnya masing-masing. Kegiatan webinar ini diikuti kurang lebih 250 peserta yang mengikuti secara daring melalui aplikasi zoom, baik dari kalangan dosen, mahasiswa maupun kalangan umum.

Webinar dimulai pada pukul 08.00 dengan dibuka oleh MC dan juga Moderator kemudian dilanjutkan dengan sambutan Rektor UPN Veteran Jakarta, Dr. Erna Hernawati, Ak, CPMA, CA. Pada sambutan membuka acara webinar series ini, Rektor menyampaikan “Acara ini merupakan rangkaian acara dalam rangka UPN Veteran Jakarta memperingati Dies Natalis ke 58. UPN Veteran Jakarta sebagai kampus bela negara yang memang mulai dari pendirian mengusng nilai bela negara. Maka dalam rangka Dies ini UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan rangkaian acara webinar dan juga bakti sosial yang berkaitan dengan bela negara.”

web_2.jpg

Rektor juga menyampaikan bahwa UPN Veteran Jakarta selalu berusaha menggali berkaitan dengan hal bela negara termasuk masalah Cyber Space. “UPN Veteran Jakarta selalu berusaha untuk selalu menggali hal yang berkaitan dengan masalah bela negara dan masalah Cyber Space. Hal-hal seperti pencurian data, Cyber Terrorism, ini menjadi hal yang relevan untuk dibicarakan, dalam kaitanya bagaimana kita mempersiapkan diri agar negara dan masyarakat paham  Sehingga kita bukan menjadi bagian yang memperlemah pertahanan negara tapi menjadi bagian yang memperkuat kedudukan dari negara kita.”

Setelah sambutan Rektor, webinar dimulai dengan narasumber pertama yaitu Suwito Pomalingo, S.Kom., M.Kom., MTA., ECSS., CEH., CHFI yang merupakan pakar Cyber Security. Pada kesempatan webinar series kali ini, Suwito mengusung topik Cyber Security. Dalam paparanya, Suwito menyampaikan beberapa hal terkait definisi Cyber Security, konsep Cyber Security, mengapa kita butuh Cyber Security dan juga bagaimana Cyber Security itu bekerja.

web_2.1.jpg

“istilah Cyber Security dan Informasi Security sering tertukar, padahal Cyber Security merupakan bagian dari Informasi Security. Menurut ISACA, Cyber Security bagaimana memprokteksi informasi yang diproses dibuat, disimpan kemudian didistribusikan menggunakan media komunikasi. Itulah domain Cyber Security.”

“istilah Cyber Security sempat menduduki ‘the sexiest job’ dari beberapa tahun lalu sampai sekarang.” Lanjutnya.

Webinar dilanjutkan dengan paparan oleh narasumber kedua yaitu Dr. Anter Venus, M.A.Comm, yang menyampaikan topik Membela Negara di Dunia Maya. Beberapa pembahasan seperti Merasakan Emosi Kebangsaan di Dunia Maya, Ledakan Informasi di Dunia Maya, Perubahan Lingkungan Komunikasi & Informasi dan juga berkaitan dengan apa yang harus kita lakukan untuk membela negara.

web_2.2.jpg

Dalam awal paparannya, Anter Venus menyampaikan bahwa saat ini di dunia maya yang lebih bahaya adalah konten yang diunggah orang, yang bisa mempengaruhi pandangan orang terhadap sesuatu, termasuk pandangan terhadap negaranya. Anter Venus juga memaparkan terkait beberapa contoh adanya pelecehan-pelecehan di dunia maya yang dilakukan oleh bangsa lain terhadap bangsa Indonesia dan juga yang terjadi di negara Indonesia oleh warga negaranya sendiri.

“Ketika ideology negara tidak ada, maka kita juga rapuh. Di dunia maya seperti yang kita ketahui terjadi orang yang melecehkan Pancasila dan yang terakhir juga pelecehan pada lagu kebangsaan kita. Dan masih banyak pelecehan, disinformatisasi dan propaganda yang mengancam kehormatan dan keutuhan bangsa dan negara.”

Dalam webinar ini Anter Venus juga menyampaikan bahwa warga negara juga merupakan representasi di dunia maya “Contoh pelecehan-pelecehan tadi menunjukan bahwa negara hadir bukan hanya didunia nyata taoi juga di dunia maya. Warga juga seperti itu. Warga di dunia maya juga reperentasi di dunia nyata.. Informasi yang didapat di dunia maya juga berpengaruh di dunia nyata, maka  Persepsi juga mempengaruhi mereka.”. Lebih lanjut oleh Anter Venus, “Citizen harus hadir di dunia maya memberikan informasi yang menguatkan negara.”

Webinar Series ke dua ini ditutup dengan sesi tanya jawab antara peserta webinar dengan pembicara webinar  dan juga foto bersama.

WhatsApp_Image_2021-01-21_at_12.01.52.jpeg

 

Berita Sebelumnya

Dekan FK UPNVJ Lantik Dokter Muda Angkatan 64 Secara Virtual

Berita Selanjutnya

Antar Venus Bicara: “Membela Negara di Dunia Maya”