Tidak Ada Pasien KIPI pada Pelaksanaan Vaksinasi di UPNVJ

HumasUPNVJ - dr. Ibnu mewakili kurang lebih 30 dokter menjelaskan proses vaksinasi yang diselengarakan di UPN Veteran Jakarta dalam rangka Kegiatan Bakti Sosial yang bekerja sama dengan KEMENDIKBUD RISTEK untuk Memperingati HUT RI ke-76, “Sentra vaksninasi yang diselenggarakan di UPNVJ merupakan pelaksanaan kali kedua dengan mitra yang berbeda. Kali ini UPNVJ bekerja sama dengan KEMENDIKBUD RISTEK, tidak ada perbedaan dalam proses pelaksanaan di beberapa waktu yang lalu, yaitu tetap memastikan para peserta vaksinasi telah terdaftar melalui online terlebih dahulu, setelah itu pemanggilan nama untuk kemudian melakukan screening seperti mengecek suhu tubuh, tensi dan riwayat penyakit, selanjutnya jika sudah memenuhi proses screening para pasien dipersilahkan untuk mendapatkan vaksinasi. Vaksin yang disediakan UPNVJ dan KEMENDIKBUD RISTEK yaitu Sinovac dan Astrazeneca”, jelas dr. Ibnu.

“dari pendaftaran online dibeberapa waktu sebelumnya, sejumlah kurang lebih seribu pendaftar vaksinasi yang terdata. Seperti pada umumnya, setelah melakukan vaksinasi, reaksi yang didapatkan akan berbeda-beda, KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi ) ringan bersifat lokal dapat berupa rasa nyeri, kemerahan dan pembengkakan di area tubuh yang mengalami infeksi setelah diberikan imunisasi. Untuk upaya penanganan KIPI ini, UPNVJ sudah menyiapkan beberapa fasilitas jika kemungkinan tersebut terjadi, seperti ruangan khusus, peralatan medis yang mumpuni dan juga mobil ambulance jika dibutuhkan. Tetapi alhamdulillah perhari ini tidak ada pasien yang mengalami KIPI,” lanjutnya.

“KIPI ini tidak bisa digeneralisasikan, karena KIPI tidak hanya terjadi disaat vaksin saja tetapi juga dari beberapa obat pun juga pasti aka nada efeknya, tergantung dari kondisi tubuh penerima vaksin/obat, untuk menghindari KIPI yang bisa kita butuhkan hanyalah kondisi tubuh yang fit dan konsumsi makanan yang sehat”, tutup dr. Ibnu dalam wawancaranya dengan tim Humas UPNVJ.

 

WhatsApp_Image_2021-08-18_at_14.40.34.jpeg

WhatsApp_Image_2021-08-18_at_14.40.36.jpeg

Berita Sebelumnya

Peringati Hari Kemerdekaan RI UPNVJ Bersama Kemendikbudristek Gelar Vaksinasi Covid-19

Berita Selanjutnya

Semangat Berkarya di Tengah Pandemi, Mahasiswi UPNVJ Raih Juara 1 Lomba Jurnalistik SKK Migas 2021