Peringati Hari Sumpah Pemuda, MKWU UPNVJ Gelar Webinar Refleksi Dan Aksi Sumpah Pemuda

Screen_Shot_2021-10-29_at_08.47.44.png

HumasUPNVJ - Era keterbukaan dan tidak terbatasnya informasi membuat para pemuda semakin lama semakin melupakan keberadaan perjuangan masa lalu. Para pemuda pemudinya tidak sedikit yang mengabaikan  nilai-nilai yang telah tertanam pada sumpah pemuda yang pada jamannya tidak diajarkan tapi mampu membuat bangsa ini bersatu. Kondisi ini dapat terlihat dari sudah tidak relevannya nilai tersebut diberbagai aspek kehidupan. Contoh nyatanya dapat dilihat akhir-akhir ini banyak terjadi disintegrasi yang menimbulkan banyak kerusuhan yang memprihatikan, terutama terjadi di kalangan pelajar dan mahasiswa, penggunaan Bahasa Indonesia yang semakin terpinggirkan sedangkan Bahasa Indonesia adalah Bahasa Ibu dan sebagai Identitas Nasional. Melihat kondisi saat ini maka Pusat Mata Kuliah Wajib Universitas (MKWU) UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan webinar dengan tema "Refleksi dan Aksi Sumpah Pemuda"  sekaligus untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 yang ke – 93.

Tujuan kegiatan webinar ini diselenggarakan dengan tujuan untuk Mewujudkan bangsa yang berkualitas, Mengajak seluruh civitas akademika untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan, Meningkatkan persatuan dan kesatuan, Mampu merefleksikan nilai-nilai Sumpah Pemuda, Mampu meningkatkan kreativitas dan inovasi. Kegiatan ini menghadirkan Yudi Latif, P.Hd dan Dr. Siti Isnaniah, S.Pd, M,Pd sebagai narasumber.

Screen_Shot_2021-10-29_at_09.04.58.png

Wakil Rektor bidang Akademik, Anter Venus selaku Keynote Speaker memberikan opening remarks, “UPNVJ adalah Kampus Bela Negara. Apapun peristiwa atau moment-moment penting dalam kehidupan bangsa ini menjadi upaya bagi UPNVJ untuk ber-refleksi, untuk mengambil banyak pelajaran. Termasuk peristiwa Sumpah Pemuda kali ini, kita ingin mengeksplorasi, refleksi dan mengambil pelajaran dari peristiwa sumpah pemuda” ucapnya.

“Ada tiga aspek dalam refleksi kepemudaan ini, aspek tanah air, kebangsaan dan aspek kebahasaan”, tutup Venus.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi oleh narasumber dan para peserta.

Berita Sebelumnya

SEMINAR INTERNASIONAL, NASIONAL HASIL PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (The 3rd ICIMCIS, SEINASIKESI Ke-4, SENABDIKOM Ke-3)

Berita Selanjutnya

Maksimalkan Potensi Otak, Prospektive UPNVJ Bahas Brain Base Learning