Inovasi Terbaru, Perpustakaan UPNVJ Luncurkan aplikasi E-book Kubuku dan OPAC Berbasis Android

 

HumasUPNVJ - Tingkatkan inovasi dan pelayanan prima berbasis digital Perpustakaan UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) resmi luncurkan aplikasi E-book Kubuku dan Online Public Access Catalog (OPAC) Berbasis Android yang dilakukan secara daring, pada Jumat (18/02/22).

“Perpustakaan memiliki dampak yang cukup signifikan dengan adanya pandemi Covid-19, penurunan jumlah pengunjung yang cukup drastis membuat Kami mencari inovasi baru agar para pengunjung perpustakaan bisa tetap membaca dari rumah saja” ujar Fajar Nugroho Kepala UPT. Perpustakaan UPNVJ saat menyampaikan laporannya kepada sivitas akademika UPNVJ yang dilakukan secara daring.

Fajar juga menjelaskan nantinya para sivitas akademika yang meliputi mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan bisa menginstall aplikasi tersebut dengan username dan password yang telah dikirimkan ke masing-masing email yang terdaftar pada sistem akademik dan sistem kepegawaian.

“Semua bisa masuk ke aplikasi kita dengan menggunakan username dan password yang sudah kita kirimkan ke email masing-masing, sehingga semua bisa berkunjung ke perpustakaan UPNVJ secara digital” jelas fajar.

Screen_Shot_2022-02-18_at_09.40.23.png

Menariknya terdapat fitur terbaru pada Online Public Access Catalog (OPAC) Berbasis Android yaitu fitur donasi, sehingga apabila ada yang ingin melakukan donasi buku bisa melalui aplikasi tersebut, tidak hanya buku tetapi bisa berupa uang tunai yang nantinya akan dipergunakan untuk menambah koleksi buku.

Aplikasi kedua Ebook Kubuku berbasis android berguna untuk mencari lokasi buku melalui aplikasi, program inovasi baru ini pengunjung tidak lagi menggunakan komputer yang ada dalam perpustakaan untuk mencari buku melainkan secara mandiri bisa mencari lokasi buku yang tersedia didalam perpustakaan UPNVJ.

Dalam penjelasannya Fajar juga mengatakan sebelumnya perpusatakaan juga sudah memiliki beberapa aplikasi antara lain sistem otomasi perpustakaan, repository, website perpustakaan yang juga terus diperbaharui.

Saat ini fasilitas perpustaakaan dilengkapi dengan chekin peduli lindungi, pengisian daftar hadir bahan Pustaka, bahan elektronik, OPAC (sarana pencarian informasi atau bibliografi koleksi, Loker penitipan barang, internet gratis dan musholla dengan waktu operasional senin hingga jumat pukul 07.30 – 16.00 WIB.

Layanan yang diberikan yaitu layanan sirkulasi atau administrasi perpustakaan, layanan referensi layanan digital layanan audio visual, layanan pendidikan.

Screen_Shot_2022-02-18_at_10.08.34.png

Berita Sebelumnya

Rektor Resmi Luncurkan Dua Aplikasi Perpustakaan UPNVJ

Berita Selanjutnya

Rencana Dirikan Fakultas Kedokteran, Universitas Borneo Tarakan Lakukan Kunjungan Kerja ke UPNVJ