Delegasi UPNVJ Diterima Duta Besar Dr. Fadjroel Rahman

HumasUPNVJ - Delegasi kerja sama internasional Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta yang dipimpin Rektor, Prof. Dr. Erna Hernawati, Ak., CPMA., CA., CGOP, disambut dengan hangat oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) dan seluruh staf Kedutaan Besar Republik Indonesia di Nur Sultan, Kazakhstan. (13/6)

Diawal pertemuannya, dalam sambutan Dubes LBBP RI untuk Kazakhstan merangkap Tajikistan, Dr. Fadjroel Rachman menyatakan apresiasi dan rasa syukurnya karena Perguruan Tinggi Negeri Indonesia mulai bekerjasama kembali dengan perguruan tinggi yang berada di Kazakhstan. UPNVJ dalam hal ini menjadi universitas pertama yang melakukan kunjungan saat pandemi Covid-19 di Kazakhstan sudah berakhir. Bapak Duta Besar menganggap bahwa apa yang dilakukan UPNVJ lakukan untuk bekerja sama dengan perguruan tinggi di Kazakhstan dianggap tepat karena kondisi dan tantangan dunia pendidikan tinggi yang dihadapi relatif sama. Indonesia dan Kazakhstan juga sama-sama tengah bertransformasi mutu pendidikan di negara masing-masing dan melakukan upaya internasionalisasi pendidikan.  Dalam beberapa hal transformasi Pendidikan di Kazakhstan berjalan  sangat  cepat dan itu patut dicontoh PTN baru seperti UPNVJ.

Pada akhir sambutannya,  Duta besar LBBP untuk Kazakhstan dan Tajikistan ini  juga berjanji untuk memberikan dukungan secara penuh  bagi kelanjutan Indonesian Corner yang telah dibentuk di Kazakh Ablai Khan University of International Relations and World Languanges, Almaty, Kazakhstan. Corner ini dalam pandangan Dubes bernilai strategis sebagai pintu masuk kerjasama, pertukaran budaya, hingga  penguatan hubungan antara kedua universitas dan lebih luas lagi antara Indonesia dan Kazakhstan.

Dalam pertemuan tersebut, Rektor UPNVJ yang didampingi Wakil Rektor bidang Akademik, Dr. Anter Venus, M.A., dekan FISIP, dekan FEB dan dekan FIK beserta Kepala Kantor Internasional UPNVJ,  menyatakan ucapan terima kasih atas segala bantuan yang diberikan oleh KBRI Nur Sultan, sehingga kerja sama antara UPNVJ dengan Kazakh Ablai Khan University of International Relations and World Languanges, Almaty dan Eurasian National University, Nur Sultan, Kazakhstan dapat berjalan dengan lancar.

WhatsApp_Image_2022-06-13_at_6.40.58_PM.jpeg

Pada kesempatan tersebut, Rektor juga menyampaikan kesepakatan yang telah dicapai antara UPNVJ dengan Kazakh Ablai Khan University of International Relations and World Languages, Almaty berupa: Implementasi pertukaran mahasiswa, Pertukaran dosen baik secara daring maupun luring, Joint research and publication, Pembukaan Indonesian Corner, Pembukaan Central Asia Corner di UPNVJ dan Kompetisi internasional mahasiwa yang melibatkan mahasiwa UPNVJ, Kazakh Ablai Khan University,  Eurasia National University.

Terkait implementasi pertukaran mahasiswa, telah disepakati bahwa pertukaran tersebut  bersifat resiprokal dan tatap muka (luring). Kegiatan  yang akan melibatkan mahasiwa FISIP dan FEB tersebut  akan dimulai pada semester ganjil tahun ajaran 2022/2023 dengan jumlah dua puluh mahasiswa dari UPNVJ yang akan berangkat menjalani kuliah selama satu semester di  Ablaikhan University dan sebaliknya dua puluh mahasiswa dari Ablai Khan University akan datang ke  UPNVJ untuk mengikuti perkuliahan secara tatap muka langsung.  

Secara keseluruhan kesepakatan yang dibuat antara UPNVJ dengan Ablai Khan University bersifat sangat konkrit karena pada prinsipnya penandatanganan dan kesepakatan yang dibuat merupakan tindak lanjut dari kegiatan pertukaran mahasiwa dan dosen yang telah dan tengah berlangsung pada semester ini di kedua universitas.

Berita Sebelumnya

UPNVJ Gelar Pelatihan Pengembangan Pendamping Kemahasiswaan (P3 MAWA)

Berita Selanjutnya

Koordinasi dengan Tim Penilai, UPNVJ Siapkan PILMAPRES Tahun 2022