Cegah Stunting, FK UPNVJ Lakukan Pengabdian Bersama dengan FK Untirta

IMG_1555.JPG

HumasUPNVJ - Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Fakultas Kedokteran UPN VETERAN JAKARTA bekerja sama dengan Tim Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten melaksanakan kegiatan Program Kemitraan Bersama (PKB) di Desa Sindangsari, Pabuaran Serang - Banten. Program Kemitraan Bersama (PKB) merupakan salah satu skema Pengabdian kepada Masyarakat yang digagas oleh UPNVJ dengan melibatkan Tim Pengabdian dari Universitas lain yang sudah melaksanakan MoU dengan UPNVJ, salah satunya adalah UNTIRTA Serang Banten. (11/9)

Tim Pengabdian dari Fakultas Kedokteran UPNVJ yang terdiri dari : 

1) dr. Agneta Irmarahayu, M.Pd.Ked, SpKKLP.

2) Dr.dr. Maria S Thadeus, M. Biomed, SpKKLP.

3) dr. Hikmah Muktamiroh, M.MedEd, SpKKLP.

4) dr. Tiwuk Susantiningsih, M.Biomed, SpKKLP.

5) Dra. Kristina Simanjuntak, M. Biomed.

bersama dengan Tim Pengabdian dari Fakultas Kedokteran Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA) Serang Banten yang terdiri :

  1. dr. Rukman Abdullah, M.Pd.Ked.
  2. Fachruddin Perdana, S.Gz., M.Si.

 

Pada kegiatan ini, juga melibatkan 5 mahasiswa dari FK UPNVJ dan 3 mahasiswa dari FK UNTIRTA Serang Banten. 

Tim Pengabdian Bersama (PKB) Melaksanakan kegiatan pengabdian dengan Tema : Pelatihan dan Pendampingan Pola Konsumsi, Pengasuhan Bayi dan Higienitas Pribadi dan Lingkungan Melalui Penguatan Peran Kader Posyandu Dalam Pencegahan Stunting di Desa Sindangsari, Serang, Banten

Penyuluhan dan Pelatihan diberikan kepada kader dan kader baru Posyandu di Desa Sindangsari selaku kelompok mitra, khususnya para kader dan ibu yang memiliki bayi dan balita. Masyarakat dilibatkan secara aktif dalam kegiatan penyuluhan dan pelatihan ini sehingga pengetahuan dan keterampilan para kader dan ibu di Posyandu Desa Sindangsari meningkat, sehingga dapat mendukung keberhasilan program Program penyuluhan, Pelatihan dan pendampingan:

- Penyuluhan dan Pelatihan Pendampingan Pola Konsumsi bayi.

- Penyuluhan dan Pelatihan Pendampingan Pola Pengasuhan bayi 

- Penyuluhan dan Pelatihan Pendampingan Tumbuh kembang balita

- Penyuluhan dan Pelatihan Pendampingan higienitas pribadi dan lingkungan, serta 6 langkah cuci tangan memakai sabun.

Dalam pelaksanaan kegiatan Pengabdian Bersama ini, tim dari FK UPNVJ dan FK Untirta membagi ke dalam empat topik kegiatan yaitu: Pola Konsumsi pada bayi dan balita, Tumbuh Kembang bayi dan balita, Higienitas Penduduk dan Lingkungan, serta 6 Langkah Cuci Tangan Memakai Sabun.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 40 peserta yang terdiri dari kader Desa Sindangsari, Bidan Desa Sindangsari dan perwakilan dari Puskesmas Pabuaran Serang Banten, serta stakeholder dari Pemerintah Desa Sindangsari Pabuaran Serang Banten.

Kegiatan pengabdian bersama ini dilaksanakan dengan diawali pemberian Pre Test, dilanjutkan dengan Pemberian Materi pertama tentang: Pola konsumsi bayi oleh Dr. dr Maria Selvester Thadeus,M.Biomed., SpKKLP dan Dra Kristina Simanjuntak, M. Biomed. Materi kedua: Pola Pengasuhan Bayi oleh dr Hikmah Muktamiroh, M.MedEd., SpKKLP. Materi ketiga: Pola tumbuh kembang bayi oleh dr Agneta Irmarahayu, M.PdKed., SpKKLP dan materi keempat: tentang Higienitas dan sanitasi penduduk dan Lingkungan oleh dr Rukman Abdullah, M.PdKed. dan Fachruddin Perdana, S.Gz., M.Si. 

Setelah itu dilanjutkan dengan pelatihan dengan melakukan roleplay dengan 4 materi pelatihan yang dipandu oleh dr Tiwuk Susantiningsih, M.Biomed., SpKKLP dengan melakukan praktek dan tanya jawab. Antusiasme peserta ditunjukkan dengan melakukan presentasi dari setiap soal roleplay dan melakukan tanya jawab selama kegiatan berlangsung. 

Setelah kegiatan penyuluhan dan pelatihan dilakukan pemberian soal Post Test kembali yang dikerjakan oleh ibu-ibu kader untuk melihat perubahan pengetahuan sebelum dilakukan kegiatan penyuluhan dan setelah dilakukan kegiatan penyuluhan dan pelatihan.

Tujuan dari pelaksanaan PKB ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para kader Posyandu Desa Sindagsari Pabuaran Serang Banten terkait adanya 7 kejadian stunting serta diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam menurunkan angka kejadian stunting di wilayah Desa Sindangsari Pabuaran Serang Banten. 

IMG_1202.JPG

Berita Sebelumnya

Disambut dengan Baik, Ini Kata Mahasiswa Peserta PMM UPNVJ

Berita Selanjutnya

Road Show LPPM: Rektor Bahas Penjaminan Mutu 2022