UPNVJ Gelar Webinar Jurus Ampuh Raih Cuan dari Pengoptimalan Internet Marketing

WhatsApp_Image_2022-11-11_at_10.58.23_AM.jpeg

HumasUPNVJ - Lifepal bersama UPN Veteran Jakarta menggelar webinar bertemakan “Opportunities & Challenges in Internet Marketing” pada Rabu, 9 November 2022. UPNVJ hadirkan Dudung Rahmanto selaku Head of SEO dan Tama Andy SEO Specialist Lifepal.co.id serta DuitPintar.com yang merupakan pialang asuransi yang sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).PT Anugrah Atma Adiguna atau Triple A. Lewat DuitPintar.com, Anda bisa membandingkan polis-polis asuransi terbaik di Indonesia seperti asuransi mobil dan menjalani registrasi secara online.

Kedua narasumber ini mengupas tuntas soal digital marketing agar mahasiswa sebagai generasi Gen Z bisa melek Search Engine Optimization (SEO) dan mengoptimalkannya. “SEO adalah teknik-teknik untuk meningkatkan ranking content website kita di SERP Google. Kenapa harus SEO? Investasi jangka panjang, marketing channel berbasis keyword, meningkatkan kredibilitas bisnis, mendukung content integrationsuser journey dan experience,” jelas Tama, SEO Specialist DuitPintar.comwebsite edukatif dan informatif seputar asuransi milik PT Anugrah Atma Adiguna yang telah terdaftar di OJK.

Tama memaparkan pentingnya memiliki website di posisi pertama mesin pencarian Google untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung, “Ranking website penting karena akan mendapatkan lebih banyak pengunjung pada website kita,” imbuhnya.

Senada dengan Tama, Head of SEO Lifepal.co.id dan DuitPintar.com, Dudung Rahmanto memaparkan kiat bagaimana generasi melek teknologi ini bisa menghasilkan pendapatan dari mengoptimalkan SEO, yaitu salah satu metode marketing online yang tujuannya menaikkan traffic atau pengunjung ke website kita. 

Pengoptimalan SEO dengan Topic Cluster, berbicara tentang SEO, maka kata kunci masih menjadi dasar pembuatan sebuah artikel. Hanya saja, dengan inovasi dan teknologi yang semakin meningkat, perilaku pengguna internet kini berinteraksi atau menggunakan serangkaian kata kunci tertentu.

Karena perubahan perilaku tersebut, mesin pencari seperti Google dan lainnya telah memodifikasi sistem mereka untuk memenuhi pencarian konten berbasis topik atau Topic Cluster.

Topic cluster adalah penyusunan konten pada website dengan komponen pillar pagesupport page dan internal links. Topic cluster akan membuat konten tertata rapi, konten menjawab user intent, meningkatkan relevansi website, mengurangi potensi orphan pagebacklink authority tersebar optimal, crawl depth terkontrol,” ungkap Tama Andy.

Adapun hal-hal yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan SEO dengan topic cluster bisa dilalui dengan beragam langkah. “Step by step topic cluster yaitu melakukan topic researchkeyword research and groupingtopic cluster mapping, dan creating clistered content,” paparnya.

Optimalkan SEO untuk Penghasilan Tambahan, memanfaatkan peluang yang ada di internet marketing sebagai penunjang semua kebutuhan, mahasiswa bisa mendapatkan beragam keuntungan.

Tak hanya untuk kegiatan belajar dan mengerjakan tugas kuliah, mengoptimalkan SEO juga bisa memberikan berbagai keuntungan lain, yaitu: Peluang besar untuk produksi konten-konten seputar jurusan, mata kuliah. Di website kampus, atau personal blog. 2. Peluang besar untuk monetize, mendapatkan income dari internet, melalui google adsense, affiliate, online coaching, consultation, ebook, endorse, dan lainnya.

“Adapun langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mewujudkannya adalah dengan membuat konten SEO friendlyindexing dan optimisasi,” imbuh Dudung Rahmanto. 

Selain onpage optimization dengan memaksimalkan pengulangan target keyword di konten, sambung Dudung, langkah lainnya yang bisa dilakukan adalah dengan pengoptimalan offpage konten.

“Semakin banyak backlink akan semakin mengoptimalkan website. Cara menggunakan backlink antara lain tukaran dengan website lain, menuliskan artikel untuk website lain, membuat infographic berisi historical data % numbers, membuat ebook gratis ada link back ke website kita, ataupun content placement di website lain,” jelasnya.

 

 

WhatsApp_Image_2022-11-11_at_10.57.58_AM.jpeg

 
Sumber artikel
Artikel ini ditulis oleh Head of SEO dan SEO Specialist Lifepal.co.id serta DuitPintar.com, Dudung Rahmanto dan Tama Andy sebagai bagian dari kolaborasi bersama UPNVJ.

 

 

Berita Sebelumnya

UPNVJ Resmi Dirikan German Corner

Berita Selanjutnya

Rektor UPNVJ Resmikan Ruangan Baru Fisip