Bersama Badan Narkotika Nasional Kota Depok, Ratusan Pegawai UPNVJ Lakukan Tes Urine

HumasUPNVJ - Demi menyikapi maraknya penyalah gunaan narkotika di indonesia, UPN Veteran Jakarta bersama Badan Narkotika Nasional Kota Depok menyelenggarakan kegiatan tes urine bagi karyawan dan dosen di lingkungan kampus. (1/12)

Dengan makin meningkatnya pengguna narkoba dari tahun ke tahun di berbagai negara, serta maraknya pengedaran narkoba di semua kalangan, baik anak-anak, remaja bahkan usia produktif, maka perlu kepedulian kita sebagai pribadi dan masyarakat dalam pembentukan karakter generasi penerus bangsa ini.

Sebagai institusi Pendidikan yang bertujuan mencerdaskan kehidupan bangsa, UPNVJ sangat peduli akan kelangsungan generasi penerus bangsa yang berkualitas. Oleh karena itu, universitas mengagas kegiatan tes urine yang bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional dalam mewujudkan Indonesia bebas Narkoba. Acara berlangsung pada hari Rabu, 7 Desember 2022 di Aula Tanah Airku, Kampus UPNVJ Limo, Depok dan dihadiri oleh ratusan civitas academica.

WhatsApp_Image_2022-12-12_at_10.42.10.jpeg

Melalui Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Dr. Prasetyo Hadi dalam wawancaranya, disampaikan bahwa acara ini dilaksanakan berdasarkan Instruksi Presiden No 2 Tahun 2020.  “kegiatan ini didasari oleh inpres nomor 2 tahun 2020 tentang deteksi dini penyalahgunaan narkoba, sehingga kami melaksanakan tes urine ini. Ini adalah bentuk nyata kita melaksanakan inpres tadi untuk mendeteksi awal jika terdapat penyalahgunaan narkoba di lingkungan kampus dengan didampingi oleh tim tenaga Kesehatan dari kampus kita sendiri dan nanti hasilnya akan dilaporkan ke Kemedikbud Ristek”

Pras menyampaikan harapannya terkait diadakannya kegiatan ini kepada seluruh komponen di UPN Veteran Jakarta untuk menghindari penyalahgunaan narkoba. “Narkotika ini bisa merusak Kesehatan pola pikir maupun kejiwaan kita, maka dengan adanya kegiatan ini mudah-mudahan kampus tercinta kita bebasa dari penyalahgunaan narkotika dan jika ada, bisa dideteksi sejak dini. Selanjutnya acara ini akan rutin dilaksanakan setiap tahun sesuai denga apa yang disampaikan surat dari Kemendikbud, tutupnya.

Kepala BNN Kota Depok, AKBP Heru Prasetyo, S.I.K, M.Hum juga turut hadir langsung dalam kegiatan ini. Dalam keterangannya, Heru mengatakan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini “Tujuannya ini secara umum untuk mendeteksi dini terkait penyahgunaan narkotika, payung hukumnya adalah implementasi dari  Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 Tahun 2020, disana tertulis bahwa Presiden memerintahkan kepada 10 Kementerian dan Lembaga dari mulai Menteri hingga Bupati untuk melaksanakan aksi nasional yan salah satunya adalah pemeriksaan tes urine ini.”

Heru menambahkan bahwa walaupun ini adalah kegiatan Kerjasama pertama antara BNN Kota Depok Dengan UPNVJ, namun ke depannya ia berharap kegiatan ini bisa lebih sering diadakan. “Harapan saya Kerjasama sinergi ini tetap berjalan, karena prinsip memerangi narkoba ini perang bersama, jadi ke depannya kegiatan ini bisa ditingkatkan frekuensinya", ucapnya

WhatsApp_Image_2022-12-12_at_10.42.11_(1).jpeg

BNN tidak dapat bekerja sendiri dalam menyelesaikan permasalahan Narkoba. Untuk itu diharapkan peran serta dan semangat kerjasama dari seluruh komponen civitas akademika UPNVJ. Harapanya peredaran narkoba bisa dihentikan dan tidak ada lagi pengedar maupun korban pengguna narkoba.

 

Berita Sebelumnya

Yudi Latif: Daya Sintas Bangsa ditentukan Modal Manusia

Berita Selanjutnya

LPPM UPNVJ GELAR JAKARTA INTERNATIONAL CONFERENCE ON RESERCH INOVATION AND SUSTAINABLE DEVELOPMENT