Dukung Paperless, Rektor Resmikan Penggunaan Aplikasi SINDE di Lingkungan UPNVJ

HumasUPNVJ - Sehubungan dengan program transformasi di lingkungan UPN “Veteran” Jakarta serta dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi ketatausahaan yang diatur dalam Permendikbud Nomor 11 Tahun 2018 sebagaimana terakhir diubah dengan Permendikbud Nomor 9 Tahun 2019, serta sosialisasi perubahan nama sistem persuratan yang selama ini dikenal dengan E-Office telah berubah menjadi Sistem Naskah Dinas Elektronik (SINDE) berdasarkan surat dinas Sekretaris Jenderal Nomor 113654/A.A6.TU/2019 tentang Evaluasi Sistem Naskah Dinas Elektronik.

Berdasarkan pertimbangan tersebut, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Prasetyo Hadi melakukan kegiatan peningkatan kualitas layanan ketatausahaan melalui kegiatan Sosialisasi dan Pendampingan Teknis Pengunaan SINDE yang dilaksanakan di Aula Gedung MerCe Lantai 8, Kampus UPNVJ Limo pada tanggal 16 Desember 2022. Kegiatan yang diikuti oleh perwakilan dari setiap sub-satker di UPNVJ yang berjumlah sebanyak 60 orang, yaitu dari mulai Rektor, Wakil Rektor, Dekan, Ketua Lembaga sampai dengan Sub koordinator HTL.

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.10.30.jpeg

Dalam laporannya, Pras menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat penting untuk dicermati karena di Bulan Januari 2023 ini akan diberlakukan di UPNVJ. “Ini merupakan target UPNVJ sehingga Januari kita akan menjadi mewujudkan penggunaan aplikasi ini untuk seluruh operator di sub-satker UPNVJ. Nantinya, semua pegawai akan menerima administrasi persuratan melalui aplikasi SINDE Di handpone mereka

Kegiatan ini diisi dengan materi mengenai cara pengunaan aplikasi SINDE yang dapat digunakan pada platform berbasis Apple IOS maupun Android dan browser di komputer. Narasumber yang menyampaikan materi adalah tim dari Kemendikbud Ristek, yaitu Anuha, Lucky Pradana dan Gita Tri Widiasti.

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.10.29.jpeg

Kegiatan dilanjutkan dengan arahan dari Rektor UPNVJ, Anter Venus. Pada arahannya Venus menyampaikan bahwa dalam program transformasi yang digagas UPNVJ, maka program ini sangat relavan untuk dilaksanakan. Ini adalah hari yang penting untuk kita, dalam kerangka besar kita melakukan transformasi. Kita berkomitmen untuk transformasi digital untuk semua persuratan dan pengarsipan. Langkah ini juga selaras dengan perbaikan-perbaikan di seluruh kementerian”.

Rektor juga berpesan untuk secara intesif mengikuti lokakarya ini, “Saya minta tolong diperhatikan karena mulai Bulan Januari kita akan beralih semua ke digital melalui SINDE ini untuk mengelola persuratan dan pengarsipan lebih efektif dan efisien menjadikan kita lebih baik lagi.”

Dengan dukungan teknologi informasi dan komunikasi, jarak tidak lagi menjadi masalah. Salah satu upaya melekatkan seluruh satker di lingkungan UPNVJ, yaitu penguatan ketatalaksanaan melalui pemanfaatan teknologi. Dengan demikian, layanan dapat optimal tanpa terkendala jarak. Dalam perubahan nama aplikasi persuratan yang sebelumnya E-Office menjadi SINDE, terdapat pembaruan penilaian juga yang dialami, yaitu dulu hanya memfasilitasi kepala satker, saat ini aplikasi akan bisa dipakai sampai ke level koordinator.

WhatsApp_Image_2022-12-16_at_16.10.30_(1).jpeg

 

Berita Sebelumnya

Pelepasan Peserta PMM Angkatan 2 UPNVJ Berlangsung Meriah

Berita Selanjutnya

UPNVJ Punya Kesan yang Baik di Hati Peserta PMM 2