Mahasiswa UPNVJ Bagikan Kisah Perjalanan Mencapai Prestasi di Acara Kaleidoskop 2022

HumasUPNVJ – UPN “Veteran” Jakarta membuktikan salah satu komitmen sebagai kampus yang senantiasa membentuk mahasiswanya untuk meraih prestasi. Dalam upaya mengapresiasi mahasiswa berprestasi di lingkungan UPNVJ selama satu tahun terakhir, diselenggarakan kegiatan Kaleidoskop 2022 pada 11 Januari 2022.

Seperti halnya yang disampaikan Rektor, Dr. Anter Venus, M.A., Comm bahwa kegiatan kemahasiswaan merupakan dimensi penting dalam kehidupan kampus. Menurut Venus, mahasiswa datang ke kampus tidak hanya semata-mata untuk belajar di kelas namun juga untuk menyelami budaya universitas.

IMG_8123.JPG

Tahun 2022 tercatat mahasiswa UPNVJ telah meraih prestasi berdasarkan lomba di tingkat nasional sebanyak 321 dan internasional sebanyak 33. Hal ini tentunya merupakan pencapaian yang luar biasa bagi UPNVJ. Prestasi terbanyak diumumkan berasal dari Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat. Hal ini menjadikan FIKES sebagai juara umum dan berhak mendapatkan tropi bergilir. FIKES diketahui merupakan juara bertahan sebab predikat juara umum ini sudah didapatkan sejak tahun lalu.

Dalam kegiatan Kaleidoskop 2022 turut diundang pula tujuh mahasiswa dengan peraihan prestasi paling banyak dari masing-masing fakultas. Ketujuh mahasiswa yang hadir berkesempatan berbagi cerita mengenai dirinya sehingga bisa menjadi mahasiswa berprestasi.

IMG_8193.JPG

Pertama-tama audiens disuguhkan dengan cerita yang datang dari Royal Eden, mahasiswa S1 Kedokteran 2020. Royal mengaku perjalan panjang yang dilaluinya ini penuh suka dan duka, “Kesannya terlihat enak jadi mapres namun sebenarnya prosesnya banyak yang dilalui.” Ucapnya. Jika ditotal selama setahun terakhir Royal telah mencetak kurang lebih 26 prestasi. Royal pun mengaku sangat bangga bisa berpartisipasi dalam ajang Pilmapres 2022 terlebih ini adalah kali pertama bagi UPNVJ.

IMG_8165.JPG

Cerita selanjutnya datang dari Mouva Putri, mahasiswa S1 Ilmu Hukum 2019 yang tercatat meraih 6 prestasi internasional dan 3 prestasi nasional. Dalam ceritanya Mouva mengaku aktif dalam berkompetisi di Model United Nation (MUN) dan saya juga telah mendapatkan beberapa penghargaan ketika mengikuti kompetisi tersebut diantaramya seperti Best Position Paper, Most Outstanding Delegate, Most Outstanding Chair hingga menjadi Best Delegate. “Disini saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada jajaran birokrasi UPN Veteran Jakarta karena telah memberikan support kepada saya dalam mengikuti kompetisi tesebut baik secara moril maupun materil.” Ucap Mouva membuktikan dukungan UPNVJ kepada mahasiswanya.

Selain itu ada juga Kanaya Aisha Qur'ani Koraag, mahasiswa S1 Hubungan Internasional 2021 yang berkesempatan untuk memberikan sepatah duapatah katanya kepada audiens yang hadir. Tidak banyak yang dikatakan namun Kanaya dengan tegas mengungkapkan rasa syukur atas dukungan pihak kampus serta berkomitmen untuk terus berprestasi, “Untuk kedepannya saya akan terus mencoba untuk membawa nama baik UPN dan berusaha gigih untuk meraih prestasi lain yang akan datang.” Tuturnya.

IMG_8296.JPG

Beralih ke mahasiswa lainnya, Meisya Tri Utami dari program studi S1 Keperawatan 2020. Meisya bercerita pada tahun 2022 dirinya berkesempatan mendapat sekitar 10 predikat dari berbagai kompetisi nasonal sejenis essay, video edukasi, dan infografis yang bertemakan kesehatan dan topik literasi finansial. Latar belakang perekonomian keluarga memotivasi dirinya untuk berprestasi,   “Motivasi saya dibalik aktifnya saya dikegiatan tersebut yaitu bisa dibilang untuk menambah uang saku, karena sama seperti Eden saya juga sebagai penerima KIP karena berasal dari latar belakang keluarga dengan ekonomi yang terbatas. Jadi salah satu cara yang bisa saya lakukan untuk menambah knowledge atau ilmu sekaligus uang saku yaitu dengan mengikuti berbagai ajang lomba.” Akunya kepada audiens.

IMG_8322.JPG

Lain halnya dengan Achmad Za’im Mudzaki, mahasiswa S1 Teknik Industri 2022 yang mengaku jika termotivasi sebab mendapat kepercayaan dari orang-orang disekitanya, “Saya dipercaya oleh orang-orang di sekitar saya untuk selalu berproses, seperti keluarga, mentor, teman, dll dan saya percaya dengan meraih prestasi hal tersebut mampu meningkatkan value kehidupan saya.” Ujarnya dengan  bangga. Za’im diketahui juga memanfaat kampus secara maksimal sebagai ruang akselerasi dan aktualisasi diri. Za’im tercatat sebagai mahasiswa dengan 13 prestasi di bidang startup, business plan, essay, dan juga debat bahasa Indonesia yang memulai proses sejak resmi menjadi mahasiswa baru di bulan Juli 2022.

IMG_8308.JPG

Kemudian cerita disambung oleh Thariqhat Rama Putra, mahasiswa S1 Informatika 2019 yang diketahui berprestasi dalam dunia Pencak Silat. Kecintaannya terhadap cabang olahraga ini dimulai sejak SMP. Lalu ketika masuk ke UPNVJ yang dikenal sebagai Kampus Bela Negara, Rama bertekad untuk mengamalkan nilai-nilai bela negara melalui keseriusannya dalam cabang olahraga bela diri khas Indonesia yaitu Pencak Silat sehingga dapat membesarkan nama kampus dengan cara ikut serta dalam kompetisi Pencak Silat. Disela-sela ceritanya, Rama mengaku tidak mudah bagi dirinya untuk meraih prestasi, “Memang banyak lika-liku yang harus saya lewati dan dari gagal lalu bangun lagi, gagal lagi, bangun lagi. Tapi itu saya hadapi semua dengan tabah sehingga saya bisa berdiri pada titik ini.” Tuturnya. Hebatnya, awalnya Rama berprestasi sendiri namun lama-kelamaan Rama mengajak teman-temannya untuk bersama-sama membangun UPNVJ lewat prestasi.

IMG_8304.JPG

Cerita terakhir dibagikan oleh Alifia Farah Shaffira, mahasiswi S1 Akuntansi. Alifia mengaku termotivasi karena terkesan jika melihat kakak tingkatnya meraih prestasi. Dirinya bahkan tidak pernah membayangkan jika sebenarnya mampu untuk melakukan hal yang sama, “Jadi sebenernya gak ada yang gak mungkin kalau kita mau coba dan usaha aja semaksimal mungkin.” Akunya. Alifia tercatat meraih 9 prestasi yang dominan pada bidang seni dan desain.

Berdasarkan cerita dari ketujuh mahasiswa berprestasi di atas dapat disimpulkan jika motivasi setiap individu berbeda-beda tergantung dengan kondisinya namun sejatinya memang bukanlah hal yang mudah untuk mendapat predikat mahasiswa berprestasi. Jatuh bangun pasti akan dialami hanya saja bagaimana mahasiswa menghadapinya akan menentukan apakah ia akan sukses atau tetap dalam kegagalan.

Selain itu, ketujuh mahasiswa tersebut menjadi bukti nyata komitmen UPNVJ dalam mengambangkan sumber daya manusia agar menjadi manusia yang unggul. UPNVJ senantiasa memberikan dukungan berupa moril dan materil kepada mahasiswanya agar terus berkompetisi baik dikancah nasional maupun internasional sebab mahasiswa adalah unsur penting dalam kehidupan kampus. Mahasiswa yang unggul dan berprestasi otomatis akan mengangkat nama universitas itu sendiri.

Berita Sebelumnya

Tertunda Beberapa Kali, Kaleidoskop 2022 Tetap Berlangsung Meriah di Tahun Ini

Berita Selanjutnya

UPNVJ Canangkan Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas