UPNVJ Gelar Sosialisasi pemanfaatan E-Journal

 

HumasUPNVJ - UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan menggelar webinar Sosialisasi Pemanfaatan E-Journal (Scopus, Science Direct Elsevier,  Wiley dan JGate), pada Kamis (12/01/23).

Webinar Sosialisasi pemanfaatan E-Journal merupakan yang kedua kalinya diadakan UPT. Perpustakaan UPNVJ. Kurang lebih 200 peserta mengikuti sosialisasi kali ini yang meliputi para dosen dan mahasiswa UPNVJ.

sosialisaso_E_Journal_Screen_Shot_2023-01-12_at_13.11.56.png

“Sosialisasi ini diperlukan unuk mengingatkan kita bahwa kita memiliki aplikasi jurnal sehingga dosen dan mahasiswa bisa memanfaatkan ini dengan maksimal , bisa menjadi bahan pembelajaran maupun penelitian.Kita manfaatkan sosialisasi ini agar nantinya bisa berguna bagi penelitian dan keperluan akademik lainnya” ujar Wakil Rektor UPNVJ Dr. R. Dudy Heryadi, M.Si dalam sambutannya.

Dalam kesempatan ini, Kepala UPT. Perpustakaan Fajar Nugroho, MP juga mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan amanah untuk disampaikan demi meningkatkan pemanfaatan E-Journal.

“Sosilisasi ini cukup penting karena didalamnya nanti akan menjelaskan bagaimana pemanfaatan E-Journal Scopus, Science Direct Elsevier,  Wiley dan JGate” ujar Fajar.

sosialisaso_E_Journal_Screen_Shot_2023-01-12_at_13.15.01.png

Tidak hanya itu, Fajar juga menjelaskan secara singkat tentang fasilitas yang tersedia dalam UPT. Perpustakaan UPNVJ dalam bahan pencarian jurnal khususnya pada laman perpustakaan.upnvj.ac.id yang sudah disediakan untuk menginformasikan segala kegiatan perpustakaan dan proses pencarian jurnal bisa melalui laman tersebut

Dalam sosialisasi kali ini, UPT. Perpustakaan menghadirkan Johan Jang, dari Elsevier. Elsevier merupakan salah satu penyedia informasi ilmiah, teknis, dan medis terbesar di dunia dan perusahaan teknologi yang bahkan sudah berdiri dari tahun 1880.

Johan Jang dalam kesempatannya kali ini membahas mengenai bagaimana explorasi akses Scopus, science direct bersama Elsevier.

Johan Jang juga menjelaskan perbedaan science direct dan scopus dimana science direct merupakan jurnal semua full text artikel yang dipublikasikan Elsevier, dan Scopus merupakan data base yang lebih meluas.

Tidak hanya itu, UPT. Perpustkaan UPNVJ juga mengundang Nandana dari Jasaraya yang membahas platform Wiley Online Library dan Global eJournal Library serta JGate platform pencarian jurnal yang open akses, berbayar dan hybrid OA.

sosialisaso_E_Journal_Screen_Shot_2023-01-12_at_15.07.39.png

 

Berita Sebelumnya

Kuliah Umum UPNVJ, Jawab Tantangan Era Disrupsi Bersama Tatang Muttaqin Direktur IPTEK Kementerian PPN/Bappenas

Berita Selanjutnya

Perkuat Wawasan Kebangsaan, UPNVJ Bekerja Sama Dengan Lemhannas RI