UPNVJ Kembali Usulkan Tiga Program PKKM

HumasUPNVJ – Seperti tahun lalu, dimana UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) mendapatkan dana hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) untuk tiga program studi diantaranya Ekonomi Pembangunan (1.460.931.954), Ilmu Komunikasi (1.192.961.913), dan Institutional Support System (ISS) (1.999.332.500) – Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan total biaya Rp 4.653.226.367. Untuk tahun ini, UPNVJ kembali akan mengajukan usulan dana hibah yang masih dalam tahap perencanaan. Sejalan dengan hal ini, Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UPNVJ menyelenggarakan fullboard penyusunan proposal PKKM yang merupakan program kompetisi merdeka, dengan sistem berkelompok. Sistem seleksi  berkelompok  berdasarkan  pada  jumlah  mahasiswa  aktif  dan akreditasi  perguruan  tinggi  serta  geografi/regional. 

DSC01851.JPG

Anter Venus, Rektor UPNVJ menjelaskan bahwa PKKM di tingkat program studi bertujuan untuk meningkatkan mutu, relevansi dan inovasi pendidikan tinggi untuk merespon dan mengantisipasi perkembangan IPTEK di masa depan sesuai dengan keunggulan program studi serta meningkatkan kerjasama dengan Dunia Usaha Dunia Industri dan top world class universitas dalam rangka transformasi pendidikan tinggi untuk mendapatkan pengakuan internasional dan meningkatkan daya saing bangsa.

“PKKM ISS-MBKM secara khusus  ditujukan  untuk  memperkuat  tata  kelola  MBKM  dan  memfasilitasi  implementasi kampus  merdeka  untuk  mendukung  transformasi  pendidikan  tinggi  yang  dilaksanakan  di seluruh program studi yang ada di UPNVJ”, imbuh Venus dalam sambutannya diawal kegiatan.

Dalam rangka mengikuti PKKM 2023, UPNVJ mengusulkan 3 (tiga) program studi yaitu Teknik Perkapalan (S1), Hukum (S1), dan Sistem Informasi (S1). Selain itu kegiatan ini diselenggarakan untuk memberikan penyamaan persepsi dalam penyusunan Kerangka Acuan Kerja dan Proposal mengikuti susunan panduan penyusunan proposal PKKM 2023.

Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari dengan mengundang narasumber yang berasal dari Universitas Hasanuddin, Prof. Herman Parung. Penyusunan proposal PKKM ini dibarengi juga dengan kegiatan Persiapan Akreditasi Program Studi dalam rangka untuk menjadi program studi unggul pada S1 Hubungan Internasional dan S1 Teknik Industri. Dalam rangka persiapan akreditasi program studi teknik industri pada program sarjana di fakultas teknik UPNVJ. LP3M melaksanakan pendampingan pada tanggal 5 s.d. 7 Januari 2023 bertempat di Hotel Aston Jakarta. 

Rektor UPNVJ menekankan salah satu program pengembangan berkelanjutan agar mendapatkan hasil yang baik. Hasil tersebut sebagai salah satu bukti sahih dari terlaksanannya PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pemantauan, dan Peningkatan), ini dilakukan sebagai salah satu dasar peraturan yang digunakan adalah Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 12 Tahun 2021 tentang Instrumen Akreditasi Program Studi pada Pendidikan Akademik dan Vokasi Lingkup Teknik. 

DSC01857.JPG

 

 

Berita Sebelumnya

Siap ZIWBK 2023, TIM RB UPNVJ Kunjungi UNDIP

Berita Selanjutnya

Rektor UPNVJ Sidak Pemanfaatan Ruang Kelas