Jalin Kerja Sama yang Kuat, LPPM UPNVJ dan Global Health Focus Gelar Global Health Event

HumasUPNVJ - Global Health Focus (GHF) adalah jaringan mahasiswa dan profesional yang bekerja untuk membentuk pemikir kritis dan pemimpin dalam kesehatan global. GHF bertujuan untuk menghubungkan para pemimpin, inovator, dan peneliti kesehatan muda dengan pakar kesehatan global di seluruh dunia serta membina kolaborasi produktif dan pertumbuhan profesional seumur hidup. Dua cabang GHF, yaitu Afrika dan Asia, telah aktif dalam pendidikan dan penelitian kesehatan global sejak 2015. Sejak saat itu, GHF telah mengembangkan jaringan kuat para pemimpin muda yang bekerja dengan organisasi internasional, memimpin inisiatif kesehatan global, dan menerbitkan jurnal top dunia.

Dalam kolaborasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jakarta, GHF untuk pertama kalinya menyelenggarakan rangkaian acara kesehatan global  di Indonesia yang terdiri atas workshop penulisan dan publikasi ilmiah bagi dosen, workshop kesehatan global dan kepemimpinan bagi mahasiswa, serta Global Health Seminar bertemakan Kebencanaan yang dibuka untuk umum dan diselenggarakan secara hybrid, tatap muka di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika UPNVJ dan online melalui zoom meeting. (18/7)

Kerjasama ini merupakan bentuk perwujudan visi UPN Veteran Jakarta untuk membangun komunitas peneliti dan pemimpin kesehatan global yang unggul serta sebagai langkah awal dalam rencana pengembangan Pusat Kajian Kesiapsiagaan Bencana UPN Veteran Jakarta.

Global Health Focus (GHF) Research Seminar 2023 bertajuk “Achieving University Excellence through Research” merupakan workshop penulisan dan publikasi ilmiah bagi dosen UPNVJ untuk belajar secara interaktif dengan para Editor-In-Chief dan profesor yang sudah banyak menerbitkan artikel ilmiah di jurnal berkualitas berskala internasional. Pembicara yang hadir: Prof. Don-Eliseo Lucero-Prisno III, Founder of Global Health Focus - Editor-in-Chief of Public Health Challenges (Wiley) - Faculty Member, London School of Hygiene and Tropical Medicine, Prof. Jason Junjie Huang  Research Assistant Professor, Chinese University of Hong Kong, Co-Chair, NCD Global Health Working Group, APRU, Prof. Dewi Susanna Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia. (17/7)

Selain itu, pada hari kedua (18/7), LPPM menggelar Seminar yang mengusung tema “The Environmental Impact on Human Health: Climate Change and Natural Disasters” ini akan membahas topik seputar kebencanaan dengan mengundang para peneliti, pakar, dan praktisi dalam berbagai bidang yang beririsan langsung dengan isu kebencanaan dan dampaknya terhadap kesehatan manusia. Seminar ini terdiri atas dua sesi dan dibuka untuk masyarakat umum. Pembicara yang hadir; Prof. Don-Eliseo Lucero-Prisno III - Founder of Global Health Focus-Editor-in-Chief of Public Health Challenges (Wiley) - Faculty Member, London School of Hygiene and Tropical Medicine, dr. Bagus Tjahjono, MPH - Widyaiswara Ahli Utama BNPB RI, drg. A. Hadijah Pandita, M.Kes (Ketua Tim Kerja Pengelolaan Data dan Informasi, Pemantauan Krisis Kesehatan), Dr. Sonny Harry Budiutomo Harmadi, SE., ME. - Kepala Bidang Perubahan Perilaku, Satuan Tugas COVID-19, Desak Nyoman Sithi, S.Kp., MARS-Dosen UPN Veteran Jakarta, Dr. Ir. Eko Teguh Paripurno, MT - Dosen UPN Veteran Yogyakarta. (18/7)

WhatsApp_Image_2023-07-20_at_11.49.11.jpeg

Dan Global Health Emerging Leaders Program (GHELP)  yang diselenggarakan pada 20 - 21 July 2023. Workshop ini merupakan pelatihan kepemimpinan dan kesehatan global yang diperuntukkan bagi mahasiswa UPNVJ. GHELP akan membekali mahasiswa dengan keterampilan identifikasi dan analisis isu-isu kesehatan global, diskusi dan kolaborasi menanggapi kasus-kasus kesehatan global, serta bimbingan dalam mengembangkan paper atau tulisan ilmiah. Pada workshop ini diadakan pula kompetisi Essay Terbaik dan Presentasi Terbaik yang memperebutkan total hadiah sebesar Rp5 juta. Pembicara yang hadir, Prof. Don-Eliseo Lucero-Prisno III-Founder of Global Health Focus- Editor-in-Chief of Public Health Challenges (Wiley)- Faculty Member, London School of Hygiene and Tropical Medicine, Prof. Jason Junjie Huang - Research Assistant Professor, Chinese University of Hong Kong - Co-Chair, NCD Global Health Working Group, APRU dan Dr. dr. Yessi Crosita Octaria, MIH-Dosen UPNVJ.

Berita Sebelumnya

Vice Chancellor Perdana University Malaysia Bicara Soal Wawasan Kebangsaan

Berita Selanjutnya

Tingkatkan Kualitas Keterbukaan Informasi Publik, UPNVJ Gelar Bimbingan Teknis KI