UPNVJ Gelar Ujian Seleksi Mandiri (SEMA) Daring dengan Peserta Hingga 7 Ribu Camaba

HumasUPNVJ - Hari ini, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) menggelar ujian seleksi mandiri (SEMA) secara daring. Dalam SEMA ini, terdapat sekitar tujuh ribu peserta yang mendaftar untuk mengikuti seleksi masuk UPNVJ. Peserta dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama pada pukul 08.00 WIB dan sesi kedua pada pukul 13.00 WIB. Hal ini dilakukan untuk memastikan kelancaran pelaksanaan ujian dan memberikan kesempatan yang adil bagi seluruh peserta. (1/7)

Materi yang diujikan dalam SEMA kali ini adalah mengenai wawasan bela negara. UPNVJ sebagai universitas yang mengedepankan nilai-nilai patriotisme dan bela negara memberikan pentingnya pemahaman tentang hal tersebut kepada calon mahasiswa baru. Materi ini diharapkan dapat mengukur pengetahuan dan pemahaman peserta mengenai konsep bela negara serta relevansinya dalam konteks kehidupan di UPNVJ.

Wakil Rektor Bidang Akademik, Dr. R. Dudy Heryadi, M.Si., menyampaikan bahwa untuk tahun ini UPNVJ memutuskan untuk menyertakan aspek tes bela negara dalam SEMA. Selain nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) SNBT, peserta juga diuji mengenai wawasan bela negara. “Hal ini kami lakukan sebagai upaya untuk memastikan bahwa mahasiswa yang diterima memiliki kualitas yang kompetitif serta menguasai aspek-aspek bela negara yang menjadi falsafah dasar di UPNVJ”.

Dudy berharap bahwa para mahasiswa yang diterima nantinya tidak hanya memiliki kualitas akademik yang baik, tetapi juga memiliki pemahaman yang mendalam tentang bela negara. Hal ini sejalan dengan visi dan misi UPNVJ untuk menghasilkan lulusan yang memiliki integritas, patriotisme, dan semangat kebangsaan yang tinggi.

Selain itu, Dudy juga menegaskan bahwa semua peserta SEMA memiliki kesempatan yang sama. “jadi, Tidak ada pembedaan atau diskriminasi karena semua peserta diakomodasi sesuai dengan kriteria jalur SEMA yang mereka pilih, baik itu jalur akademik maupun afirmasi”. Pemeriksaan dilakukan secara objektif dan transparan untuk memastikan kesetaraan peluang bagi semua peserta.

Wakil Rektor Akademik ini juga memberikan pesan kepada para peserta ujian, terutama bagi mereka yang mengikuti jalur SEMA maupun jalur Seleksi Masuk Mandiri (SMM) PTN Barat. “Saya mengharapkan agar peserta ujian mempersiapkan diri dengan baik dan melengkapi semua kelengkapan yang diperlukan. Jika ada kesulitan, peserta diimbau untuk selalu berkoordinasi dengan panitia ujian untuk mendapatkan bantuan dan bimbingan yang diperlukan”, pungkasnya.

Data yang diterima oleh tim Humas dari tim registrasi, penerimaan mahasiswa baru UPNVJ, sebanyak 3619 peserta yang hadir melaksanakan ujian untuk sesi 1, dan sebanyak 3629 peserta SEMA sesi 2. UPNVJ menugaskan 84 pengawas di masing-masing sesi. Dengan diselenggarakannya SEMA ini, diharapkan UPNVJ dapat merekrut calon mahasiswa yang berkualitas dan berdedikasi dalam membangun bangsa dan negara, serta mampu menjalankan nilai-nilai bela negara sebagai bagian dari pembentukan karakter yang kokoh.

 

Berita Sebelumnya

Rutin Tiap Tahun, UPN Veteran Jakarta Gelar Sholat Idul Adha dan Pemotongan Hewan Kurban

Berita Selanjutnya

Perdana, UPNVJ Gelar Ujian SMMPTN Barat 2023