Departemen Ilmu Politik UPNVJ dan UPD Gelar Konferensi Demokratisasi Indonesia-Filipina

HumasUPNVJ - Departemen Ilmu Politik UPN "Veteran" Jakarta dan University of the Philippines Diliman (UPD) Gelar Joint Conference Tentang Pengalaman Demokratisasi Indonesia dan Filipina

Dalam rangka meningkatkan pemahaman dan diskusi akademik mengenai demokratisasi, Departemen Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menggelar konferensi gabungan bersama University of the Philippines Diliman dengan tema "Comparing Democratization Experiences Indonesia and the Philippines" pada Rabu, 23 Agustus 2023.

Rektor UPNVJ Dr. Anter Venus menyampaikan bahwa acara ini dapat menjadi stepping stone untuk kolaborasi di masa depan antara UPNVJ dan UPD. "Ada berbagai bentuk kolaborasi yang dapat kita lakukan untuk mengembangkan institusi, dosen, dan mahasiswa, dan akan berguna bagi perkembangan masyarakat," tutur Venus.

Ambassador Gina A Jamoralin juga mengatakan bahwa Indonesia dan Filipina memiliki banyak kesamaan, terutama mengenai nilai-nilai kebebasan dan demokrasi. Oleh karena itu, konektivitas antara masyarakat Indonesia dengan Filipina merupakan sesuatu yang sangat penting.

Keynote speaker dalam konferensi internasional ini adalah Prof. Edward Aspinall dari Australian National University dan Prof Jorge V Tigno dari University of the Philippines Diliman. 

Dalam konferensi, Prof. Edward Aspinall mempresentasikan hasil studinya mengenai komparasi pengalaman demokratisasi antara Indonesia dan Filipina dengan membandingkan persamaan dan perbedaan pengalaman di antara kedua negara.

Sedangkan Prof.  Jorge V Tigno memaparkan mengenai perjalanan demokratisasi yang dialami Filipina dengan judul "The Philippine Democratization Saga: Milestones, Mainstays, and Trajectories."

Konferensi ini diharapkan dapat menjadi wadah efektif untuk pertukaran ide, temuan penelitian, dan diskusi mendalam mengenai pengalaman demokratisasi di Indonesia dan Filipina.

Berita Sebelumnya

“Menguatkan Bela Negara Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat” jadi Tema Seminar Bela Negara LPPM UPNVJ

Berita Selanjutnya

FH UPNVJ Bersama FKDK Universitas Budi Luhur Gelar FGD Disabilitas dalam Ajang Pemilu