Prof. Don-Eliseo Lucero-Prisno III dan Dr. Iman Rusmana Dorong Dosen UPNVJ untuk Perbanyak Jurnal Terindex Internasional

HumasUPNVJ - Lanskap pendidikan tinggi global telah mengalami perubahan transformatif selama beberapa dekade terakhir, didorong oleh kemajuan teknologi yang pesat, peningkatan internasionalisasi dan perubahan ekspektasi masyarakat. Akibatnya, universitas-universitas di seluruh dunia terpaksa beradaptasi dan berinovasi untuk memenuhi tuntutan ekonomi berbasis pengetahuan dan mengatasi tantangan global yang kompleks. Dalam konteks yang dinamis ini, pemeringkatan universitas telah muncul sebagai tolok ukur berpengaruh yang memandu mahasiswa, akademisi, pembuat kebijakan, dan pemimpin institusi dalam mengambil keputusan yang tepat.

QS World University Rankings, yang dibuat oleh Quacquarelli Symonds (QS), telah mendapatkan pengakuan luas sebagai sistem pemeringkatan yang komprehensif dan banyak dikonsultasikan. Perannya sebagai sumber informasi dan evaluasi telah berkembang secara signifikan, sehingga membentuk persepsi terhadap kualitas, reputasi, dan kinerja institusi. Pemeringkatan ini berperan penting dalam mempengaruhi pilihan mahasiswa mengenai tujuan studi, rekrutmen dosen, kolaborasi penelitian, dan kemitraan institusi.

IMG_4857.JPG

QS World University Rankings telah memainkan peran penting dalam meningkatkan visibilitas universitas. Oleh karena itu, penting bagi Universitas kami untuk meningkatkan peringkat QS-nya. Pemahaman komprehensif tentang faktor-faktor yang berkontribusi terhadap peringkat QS yang lebih tinggi sangat penting bagi UPNVJ untuk melakukan strategi. Sejalan dengan hal ini, LPPM UPNVJ dalam rangkaian kegiatan Pekan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Tahun 2023 di hari kedua (22/8) melaksanakan workshop yang membahas mengenai Pengelolaan Jurnal menuju Jurnal Terindex Internasional dan Kontribusi pada Pemeringkatan Internasional yang digelar secara hybrid (zoom dan tatap muka di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika UPNVJ) dengan mengundang Prof. Don-Eliseo Lucero-Prisno III dan Dr. Iman Rusmana, M.Si sebagai pembicara dengan tujuan untuk memahami faktor-faktor yang mempengaruhi rangking QS dan mempelajari strategi bagaimana meningkatkan rangking QS Universitas dan untuk memahami cara terindeks di scopus.

Turut hadir secara daring, Rektor UPNVJ, Anter Venus. Ia mengatakan bahwa kegiatan yang diusung oleh LPPM UPNVJ selalu bermanfaat dan menghasilkan banyak output yang dapat memajukan kampus.

Ketua LPPM UPNVJ, Sri Ayu Lestari juga mengatakan bahwa kegiatan ini menjadi jalan bagi UPNVJ untuk bisa membuat lebih banyak karya dalam penulisan Jurnal yang terindex internasional dan bisa belajar langsung dengan para ahlinya.

Workshop ini di hadiri oleh ratusan peserta yang meliputi dosen, mahasiswa dan tenaga kependidikan UPNVJ.

Berita Sebelumnya

Kuatkan Ekosistem, Budaya Meneliti dan Mengabdi Kepada Masyarakat, LPPM UPNVJ Gelar Workshop Penulisan Buku Ajar

Berita Selanjutnya

UPN Veteran Jakarta dan UiTM Malaysia Sepakati 5 Komitmen Kerja Sama