Tantangan Era Digital: UPNVJ Gelar Semiloka Optimasi Pembelajaran Interaktif

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) mengadakan seminar lokal (semiloka) bertajuk "Optimalisasi Metode Pembelajaran Interaktif dalam Menyikapi Perkembangan Jaman" yang diadakan di Aula Bhineka Tunggal Ika di Jakarta, Senin, 7 Agustus 2023.

Semiloka ini dihadiri perwakilan dosen dari 7 Fakultas di UPNVJ. Acara bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen terkait metode pembelajaran interaktif yang mendukung Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (CPMK) dengan pemanfaatan Learning Management System (LMS).

Dalam sambutan pembuka, Rektor UPNVJ Dr. Antar Venus MA Comm., menyampaikan bahwa, "UPN Veteran Jakarta memiliki buku panduan bagaimana melakukan pembelajaran di kelas dan metode sebagai tulang punggung ketika melakukan pembelajaran."

"Inovasi penerapan media pembelajaran secara digital dapat dioptimalkan untuk memaksimalkan penerimaan materi kepada mahasiswa," ungkap Venus.

Semiloka diisi tiga narasumber ahli di bidang pendidikan, yaitu Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., M.B.A., M.Phil., MA; Prof Dr. Amir Machmud, S.E., M.Si; dan dr. Diantha Soemantri, MMedED., PhD.

Richardus Eko berbicara mengenai pentingnya memahami konsep metode pembelajaran aktif dan interaktif serta bagaimana menumbuhkan motivasi belajar mahasiswa. Materi yang disampaikan memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana pendekatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Sementara Amir Machmud membahas peran dosen dalam mengimplementasikan metode pembelajaran aktif dan interaktif. Diskusi difokuskan pada bagaimana metode tersebut dapat meningkatkan konsentrasi dan minat belajar mahasiswa di dalam kelas.

Terakhir, Diantha Soemantri membahas mengenai metode pembelajaran flipped classroom dengan optimalisasi Learning Management System (LMS). Ia mengilustrasikan bagaimana pendekatan ini dapat memajukan pengalaman belajar mahasiswa melalui pendekatan digital.

Selain paparan materi, semiloka juga dimeriahkan sesi tanya jawab dan diskusi antara narasumber dan peserta. Di akhir acara, peserta semiloka diharapkan memiliki pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya metode pembelajaran interaktif dalam menghadapi dinamika perkembangan zaman.

Diharapkan juga semiloka ini dapat memperkaya pengalaman belajar mahasiswa UPNVJ serta memajukan kualitas pendidikan universitas.

DSC09068.JPG

Berita Sebelumnya

LP3M Arahkan Dosen MKWU ‘Tuk Terapkan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Yang Responsif Terhadap Tantangan Global

Berita Selanjutnya

PKKMB UPNVJ 2023: Rektor Suarakan Semangat Pembangunan dan Bela Negara