Peserta Pelatihan HEMS 2023 Lakukan Praktik Evakuasi Medis Berbasis Helikopter

 

HEMS_UPNVJ_DSC07208.JPG

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) bekerja sama dengan Fondation De L’academie De Medicine (FAM) , Airbus Fondation dan Direktorat Kepolisian Perairan dan Udara melakukan pelatihan langsung kedaruratan medis berbasis helikopter (HEMS) di Kepolisian Udara Baharkam Polri, Lapangan Terbang Pondok Cabe, Tangerang Selatan, pada Kamis, 7 September 2023.

Ini merupakan pelatihan kedua HEMS di Indonesia, setelah sebelumnya dilakukan perdana di tahun 2019. Dalam pelatihan kali ini, para peserta melakukan praktik evakuasi dengan menggunakan helikopter saat terjadi kedaruratan medis.

HEMS_UPNVJ_IMG_7122.JPG

"Saya yang sebelumnya merupakan anggota academie medicine, diminta bantuannya untuk menyelenggarakan HEMS pertama kali di Indonesia. Alhamdulillah, terlaksana pada tahun 2019 dan berjalan sukses," tutur Prof. Dr. Guritno yang merupakan Ahli Hyperbaric Chamber UPNVJ.

Suksesnya pelaksanaan HEMS pertama menginisiasi pelaksanaan HEMS yang kedua kalinya ini. 

"Pelatihan kedua sebelumnya kita bekerja sama dengan Pelita Air, namun sekarang kita dibantu dengan Kepolisian Perairan dan Udara," tambahnya.

Prof. Guritno juga mengatakan peserta pelatihan HEMS kali ini jauh lebih banyak dari tahun sebelumnya. Jumlah helikopter untuk praktik juga bertambah, dari hanya satu pada 2019, menjadi tiga tahun ini.

"Harapannya, kita bisa menggelar HEMS untuk kali ketiga, pastinya dengan ilmu terbaru. Diharapkan kita bisa bekerja sama dengan Angkatan Laut untuk HEMS yang selanjutnya," tutup Prof Guritno.

Berita Sebelumnya

Keren! PSVJ Borong Medali Dalam Kejuaraan Pencak Silat Kemenpora IPSI 3

Berita Selanjutnya

Pelatihan HEMS Digelar Lagi Tahun Ini, Peserta Antusias Kembangkan Ilmu Baru