UPNVJ Tembus 100 Besar Peringkat Skor SINTA

 

HumasUPNVJ - Peringkat skor Science and Technology Index (SINTA) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta berhasil masuk ke 100 besar. Berdasarkan laman https://sinta.kemdikbud.go.id/, peringkat skor SINTA UPNVJ berada di urutan 91.

"SINTA naik cukup pesat. Bulan Desember 2022, UPNVJ ada di peringkat 112, dan bulan ini 91. Naik 21 poin," ujar Rektor UPNVJ Dr Anter Venus saat ditemui di Jakarta, Senin 4 September 2023.

Dilansir dari bernas.id, publikasi ilmiah memiliki peran penting bagi perkembangan ilmu pengetahuan. Karena itu, setiap akademisi diwajibkan berperan aktif dalam membuat publikasi ilmiah.

Melihat manfaatnya yang besar, publikasi jurnal ilmiah telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 92 Tahun 2014 sebagai salah satu syarat wajib kenaikan jabatan jenjang akademik dosen.

Publikasi ilmiah juga turut menentukan reputasi perguruan tinggi dan sering dijadikan sebagai salah satu indikator dalam pemeringkatan kampus terbaik. Semakin produktif suatu kampus dalam menghasilkan jurnal ilmiah, maka semakin bagus juga reputasi serta kualitasnya.

"Peringkat SINTA ini memunjukkan kinerja publikasi riset UPNVJ. Target UPNVJ menembus peringkat 100 sudah kita laksanakan. Ke depan, kita menargetkan lebih jauh masuk ke peringkat 60-an," kata Venus.

"Berbagai langkah sudah kita lakukan mulai dari kewajiban dosen memiliki akun SINTA, aktivasi dan konsistensi pengisian akun tersebut, hingga umpan balik dan apresiasi capaian publikasi dosen."

"Selain itu, kita juga akan membuat perencanaan target publikasi, coaching dan fasilitasi penulisan artikel serta pelatihan metodologi hingga peningkatan insentif publikasi," tutup Venus.

 

Berita Sebelumnya

Jadi Satu-satunya di Indonesia, UPNVJ Gelar Pelatihan Kedaruratan Medis Helicopters Emergency Medical Services

Berita Selanjutnya

Pelatihan HEMS D-1: Pakar dari FAM Terangkan Tentang Ilmu Dasar Layanan Medis Dengan Helikopter