Webometric UPNVJ Naik Signifikan Hingga 176 Level Nasional Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

 

F87D08A8-2200-4488-94A6-5FD8C7B0EB04.jpeg
HumasUPNVJ - Webometric merupakan situs yang melakukan pemeringkatan perguruan tinggi seluruh dunia yang diinisiasi Cybermetrics Lab, sebuah kelompok penelitian Consejo Superior de Investigaciones Científicas (CSIC) yang merupakan lembaga penelitian terbesar di Spanyol. Hasil pemeringkatan Webometric dipublikasikan dalam 2 periode yaitu pada bulan Januari dan Juli setiap tahunya.

“UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) pada tahun ini menepati peringkat 106 tingkat nasional berdasarkan publikasi situs pemeringkatan Webometrics pada edisi Juli 2022. Peringkat tahun ini mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya dimana UPNVJ ada pada peringkat 272” ujar Anter Venus Rektor UPNVJ.

Publikasi edisi ini menandai 20 tahun Webometrics dalam mengelola data pemeringkatan 31.000 Perguruan Tinggi terbaik dunia.

Webometrics memiliki metode tersendiri dalam melakukan pemeringkatan perguruan tinggi didunia yang didasarkan pada aspek presence meliputi pengetahuan publikasi yang dibagikan, visibility seperti dampak dari konten yang dimuat pada laman, transparency or openness seperti jumlah penelitian, dan excellence or scholar (keunggulan atau cendekiawan) papers yang banyak dikutip.

Pada aspek visibility dengan nilai 50%pemeringkatan dilakukan pada indikator dampak konten web dengan menganalisis jumlah link eksternal yang terhubung ke halaman web institusi. Webometric mengumpulkan sumber data jumlah link tersebut dari 2 situs yaitu Majestic SEO dan Ahrefs. 

Pada aspek transparency or openness dengan nilai 10%, pemeringkatan dilakukan pada indikator peneliti terkemuka yang dikutip .  

Pada aspek excellence or scholar dengan nilai 40%, pemeringkatan dilakukan pada indikator  Excellence dengan menganalisis artikel yang dikutip teratas. Metode yang digunakan berdasarkan jumlah artikel dalam database lengkap situs Scimago untuk periode lima tahun dari tahun 2018 sampai tahun 2022. 

“Ini memang jadi pengukuran penting perguruan tinggi negeri, bisa dilihat sekarang ini UPNVJ cukup baik dimana kita mendapati kenaikan yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya, semoga bisa bertahan atau bahkan lebih baik lagi” kata Anter Venus.

Berita Sebelumnya

Angkat Tema Artificial, UFO UPNVJ Gelar Pameran Angkatan X

Berita Selanjutnya

UPNVJ dan Universiti Kebangsaan Malaysia Jajaki Kerja Sama Implementatif