Dosen ULAB Berbagi Pengetahuan Jurnalistik kepada Mahasiswa FISIP UPNVJ

 

ULAB_FISIP3.jpeg

HumasUPNVJ - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta menjadi tuan rumah kegiatan kuliah tamu bersama Syeda Sadia Mehjabin dan Mohammad Aminul Islam. Keduanya merupakan dosen senior Universitas Liberal Art of Bangladesh (ULAB).

Bertempat di ruang Laboratorium Diplomasi FISIP, kegiatan kuliah umum ini mengangkat tema "The Emerging Politics of Digital Journalism Studies."

Acara berlangsung hari Senin, 2 Oktober 2023, sejak pukul 09.30 - 11.30 WIB. Kuliah tamu ini membahas sejumlah isu penting dalam jurnalisme digital, termasuk dampak politik yang muncul seiring perkembangan teknologi dan media sosial.

ULAB_FISIP1.jpeg

Selain itu, kuliah tamu ini juga menjanjikan wawasan berharga tentang dinamika terkini dalam jurnalisme digital dan hubungannya dengan politik.

"Dunia jurnalisme mengalami perubahan yang sangat cepat. Dunia akademik pun didorong untuk bisa menyesuaikan diri," kata Mohammad Aminul saat berbicara di hadapan para mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ.

Apalagi perkembangan ini, lanjut Mohammad, menjadi sangat cepat dengan kemunculan kecerdasan buatan atau Artificial Inteligence (AI) yang turut mendisrupsi dunia jurnalisme. Namun, ia berkeyakinan bahwa peran manusia tak akan tergantikan oleh mesin.

Dalam konteks jurnalisme, manusia yang berprofesi sebagai wartawan mampu menghadirkan konteks, sementara AI tidak. "Manusia mengetahui lebih dalam bagaimana menghadirkan informasi yang menarik untuk pembaca," tambahnya. 

Sementara itu, Syeda Sadia Mehjabin menyambut positif berlangsungnya kuliah tamu kali ini, terutama mengenai antusiasme para mahasiswa di bidang kajian jurnalistik.

Antusiasme tersebut terlihat dari banyaknya mahasiswa yang bertanya saat kuliah tamu. "Saya juga sangat terkesan dengan keramahtamahan dari penyelenggara," ujar Syeda. 

Selain penyampaian materi, kegiatan kuliah tamu juga diisi penandatangan Implementation Agreement (IA) antara UPNVJ dan Universitas Liberal Art of Bangladesh, yang menandai komitmen kedua institusi untuk lebih memperdalam kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian.

ULAB_FISIP4.jpeg

Berita Sebelumnya

Mahasiswa UPNVJ Sabet Juara II pada Jambore Nasional Mahasiswa Bela Negara 2023

Berita Selanjutnya

Humas UPNVJ Hadiri Edufest MGBK Jakarta Barat