Kuliah Umum Internasional: Mengenal Lebih Jauh Kazakhstan & Kebudayaannya

HumasUPNVJ – Demi mengembangkan wawasan mahasiswa di lingkungan UPN “Vetetan” Jakarta (UPNVJ) terkait Kazakhstan, Kantor Urusan Internasional (KUI) UPNVJ dan Kazakhstan Student Club UPNVJ menyelenggarakan kuliah tamu (guest lecture) yang bertajuk "Kazakhstan Lecture: History of Kazakhstan - Traces of Civilization, Values, and Traditions” (13/10).

Bertempat di Lab. Diplomasi FISIP UPNVJ, acara kuliah tamu ini mengundang Kedutaan Besar Kazakhstan di Jakarta yang diwakili oleh Mr. Bauyrzhan Zhaparov, Head of Economic dan Mr. Arnur Tanbay, Head Counsellor and Political Section sebagai pembicara.

Dalam kuliah tamu ini, Mr. Bauyrzhan memaparkan mengenai berbagai hal tentang Kazakhstan, termasuk sejarah, geografis, tradisi, dan pendidikan di Kazakhstan. Melalui penjelasan ini Mr. Bauyrzhan berharap agar mahasiswa UPNVJ mendapatkan berbagai macam insight bermanfaat serta berpeluang untuk melanjutkan studi di Kazakhstan.

Tidak hanya itu, narasumber lainnya yaitu Mr. Arnur menyoroti pentingnya budaya Kazakhstan dan pengaruhnya terhadap dunia. Mr. Arnur membahas Kazakhstan yang dikenal sebagai tempat budidaya anggur sementara Indonesia dikenal karena kerjasama dalam perdagangan.

Wajah Unik Kazakhstan

1. Kemakmuran Ekonomi

Kazakhstan memimpin Asia Tengah dengan PDB tertinggi per kapita $11,439 pada tahun 2022, menempati peringkat ke-25 dalam Peringkat World Bank’s Doing Business dan telah menyerap lebih dari $350 miliar Foreign Direct Investment sejak memperoleh kemerdekaan.

2. Luas area

Kazakhstan adalah negara terbesar ke-9 di dunia dengan luas lahan 2.725 ribu km2 dan merupakan negara tanpa Pantai terluas. Kazakhstan memiliki perbatasan terpanjang di dunia dengan Rusia yaitu sepanjang 7,5 ribu km.

3. Batas Benua

Kazakhstan, yang terletak di Jalur Sutera Besar (jalur perdagangan dunia internasional), merupakan negara yang berada di wilayah persialngan Eropa dan Asia sehingga menghasilkan. Hal ini menyebabkan perpaduan budaya yang unik.

4. Kelimpahan Sumber Daya

Kazakhstan memiliki sumber daya alam yang sangat kaya. Singkatnya, 99 unsur di antara 110 unsur yang dimuat pada sistem periodik Mendeleev dapat ditemukan di kedalaman Kazakhstan.

5. Mineral

Ada lebih dari 5.000 simpanan sumber daya mineral di negara ini, yang diperkirakan menelan biaya puluhan triliun dolar. Negara ini berada di peringkat 1 dunia dalam hal cadangan seng, tungsten dan barit, peringkat ke-2 dalam hal perak, timbal dan kromit, peringkat ke-3 dalam hal tembaga dan fluorit, peringkat ke-4 dalam hal molibdenum, dan peringkat ke-6 dalam hal emas.

6. Minyak & Gas, Uranium, Batubara

Kazakhstan juga memiliki sumber daya minyak dan gas yang signifikan yaitu ada di peringkat ke di dunia dalam ketersediaan minya paling banyak. Selain itu, Kazakhstan merupakan negara ke-2 dengan pasokan uranium dan peringkat ke-8 untuk batubara.

7. Pertanian

Kazakhstan merupakan salah satu dari 10 eksportir biji-bijian terbesar di dunia dan merupakan salah satu pemimpin dalam ekspor tepung. Beras, kapas, dan tembakau ditanam di Kazakhstan bagian Selatan. Selain itu Kazakhstan juga terkenal dengan kebunnya seperti kebun anggur dan melonnya.

8. Ekspor ke Indonesia

Salah satu komoditas ekspor utama ke Indonesia adalah ferroalloy dengan nilai $200-300 juta per tahun. Gabah, tepung, hewan ternak merupakan produk yang potensial untuk didistribusikan ke konsumen Indonesia.

Warisan Budaya

1. Tamgaly Tas

tamgaly_tas.png

Sebuah Situs Warisan Dunia UNESCO yang dihiasi dengan lebih dari 5.000 pahatan batu Zaman Perunggu yang menampilkan hewan, manusia, dan motif keagamaan.

2. Otrar

otrar.png

Sebuah pusat Jalur Sutra kuno, yang terkenal dihancurkan oleh Jenghis Khan pada tahun 1219 M, namun sisa-sisanya masih bertahan sebagai bukti Sejarah.

3. Khoja Ahmed Yasawi

Khoja_Ahmed_Yasawi.png

Sebuah Mausoleum santo sufi abad ke-12 yang terletak di Kota Turkestan. Bangunan ini menjadi tujuan ziarah Islam yang penting di Asia Tengah. Mausoleum ini dibangun oleh Temirlan Agung.

4. Shildekhana

Shildekhana.png

Merupakan upacara yang diadakan untuk merayakan kelahiran seorang anak. Biasanya diadakan pada hari ke-40 setelah kelahiran. Selama upacara, bayi ditempatkan di buaian baru dan diberkati oleh keluarga dan teman.

5. Kiz Uzatu dan Betashar

Kiz_uzatu_and_Betashar.png

Kiz uzatu diadakan agar pengantin pria dapat melihat pengantin wanitanya untuk pertama kali sebelum pernikahan. Pengantin pria dan keluarganya mengunjungi rumah pengantin wanita dan memberinya hadiah. Sementara Betashar diadakan untuk menandai kesepakatan formal antara kedua keluarga dan untuk merayakan pertunangan kedua mempelai. Dalam upacara tersebut, keluarga mempelai pria memberikan hadiah kepada keluarga mempelai wanita, seperti perhiasan dan hewan ternak.

Dari paparan menarik yang disampaikan kedua narasumber dapat ditarik kesimpulan apabila keragaman dan signifikansi Kazakhstan yang luar biasa menjadikannya negara yang layak untuk dijelajahi. Dari kemakmuran ekonomi dan bentang alamnya yang luas hingga kekayaan sejarah dan warisan budayanya, Kazakhstan menawarkan pengalaman yang unik dan memperkaya. Sebagai negara modern dan mandiri, Kazakhstan terus memainkan peran yang semakin penting di kancah dunia.
 

Berita Sebelumnya

Serah Terima Hibah BMN UPNVJ dengan Yayasan dan Kelurahan Sekitar Kampus

Berita Selanjutnya

Pimpinan Fakultas UPNVJ Didorong Terlibat Perihal Kenaikan Jabatan Fungsional Dosen