Semangat Transformasi dan Prestasi di Dies Natalis ke-46 UPNVJ

 

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta memperingati hari jadi atau Dies Natalis ke-46 pada Kamis, 30 November 2023. Sejak pertama kali berdiri di tahun 1977, UPNVJ telah bertranformasi menjadi universitas besar dan terpandang, baik di dalam maupun luar negeri.

Berbicara di seremoni peringatan Dies Natalis ke-46, Rektor UPNVJ Dr. Anter Venus, MA.Comm mengatakan bahwa UPNVJ telah mengalami transformasi besar sejak berubah status menjadi universitas negeri di tahun 2014.

Transformasi tersebut secara umum meliputi sepuluh bidang pengembangan, yaitu organisasi-kelembagaan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat, program mahasiswa prestatif, sarana-prasarana pendidikan, kesejahteraan mahasiswa, dosen dan tendik, sumber daya manusia, aspek identitas lembaga (mencakup bela negara, budaya organisasi dan branding), kerja sama dan kewirausahaan, dan transformasi untuk internasionalisasi UPNVJ.

Terkait organisasi/kelembagaan, tata kelola kelembagaan UPNVJ terus membaik. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan nilai SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) UPNVJ tahun 2023 yang memperoleh peringkat A, perolehan sertifikat Zona Integritas atau ZI dari kemendikbudristek untuk Fakultas Ilmu Komputer tahun 2023, perolehan akreditasi A untuk perpustakaan UPNVJ tahun 2023, dan penetapan status laporan keuangan dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). 

"Sebagai institusi pendidikan tinggi, UPNVJ juga terus berupaya melakukan transformasi di bidang tridharma, khususnya bidang pendidikan yang mengalami turbulensi atau disrupsi sangat kuat karena perubahan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi," ujar Venus.

WhatsApp_Image_2023-12-01_at_09.17.42_4d2376f6.jpg

Turbulensi dan disrupsi tersebut meliputi kehadiran Chat GPT, berkembangnya konsep universitas berorientasi kewirausaan, kebijakan MBKM, hingga model arah pembelajaran yang diusung UNESCO sebagaimana tertuang dalam buku "Reimagining Our Futures Together: A New Social Contract For Education" yang terbit di tahun 2021.

Visi pendidikan UNESCO ini menekankan pentingnya keterampilan dan komitmen belajar sepanjang hayat (lifelong learning), di samping adanya penekanan lain yang juga penting, di antaranya wawasan ekologis, antarbudaya dan wawasan interdisipliner mahasiswa dalam membangun relasi baik dengan sesama manusia maupun dengan lingkungan alam, sosial dan budayanya.

Performa Gemilang UPNVJ

Sementara itu dalam kerangka refleksi di Dies Natalis ke-46, proses transisi UPNVJ dari PTN baru menjadi PTN yang sepenuhnya mandiri masih belum selesai. Dengan menggunakan model kerangka perkembangan kelompok/organisasi dari Bruce Tuckman -- Forming, Storming, Norming dan Performing -- UPNVJ baru menyelesaikan secara menyeluruh tahap Forming atau pembentukan ketika statutanya diterbitkan pada 2017.

Sementara untuk Forming dan Norming, belum sepenuhnya tuntas. "Jika dianalisa secara linier menurut konsep tersebut, seharusnya UPNVJ belum bisa berprestasi atau Performing," sebut Venus.

"Tapi pada kenyataannya, proses tersebut tidak berjalan linier, sehingga dalam kondisi yang masih belum sepenuhnya normal/norming, universitas kita masih tetap dapat berprestasi," sambungnya.

Venus mengatakan UPNVJ bisa perform karena kualitas dosen selama lima tahun terakhir bertambah baik, begitu juga dengan sarana dan prasarana pembelajaran yang mengalami perbaikan secara terus-menerus.

Selain itu, input mahasiswa UPNVJ juga sangat berkualitas, di mana nilai rerata mahasiswa Soshum dan Saintek yang masuk UPNVJ tahun 2023 berada di urutan 10 besar nasional, dengan yang bertengger di nomor 1 adalah Institut Teknologi Bandung (ITB).

Seiring terus bertambahnya kualitas universitas beserta seluruh sivitas akademika di dalamnya, UPNVJ berkomitmen total untuk melakukan transformasi di berbagai bidang.

Terdapat delapan poin yang saat ini sedang menjadi fokus perbaikan dan pengembangan di UPNVJ, yaitu peningkatan akreditasi program studi; peningkatan jumlah jurnal; hibah penelitian dan pengabdian kepada masyarakat; pemeringkatan lembaga dan publikasi nasional SINTA; program peningkatan kualitas dan kuantitas dosen; MBKM dan Aktualisasi Bela Negara; peningkatan kapasitas dan prestasi mahasiswa; dan tata kelola lembaga.

Akhir kata, Venus berharap UPNVJ bisa "terus bertransformasi menjadi lembaga ilmiah yang terpandang dan berkontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi."

"Dan semoga UPNVJ bisa terus mendidik generasi bangsa yang kompeten, beretika dan berkarakter bela negara," pungkasnya.

Berita Sebelumnya

Dies Natalis ke-46 UPNVJ, Prof. Wicipto Serukan Reformasi Hukum Menuju Indonesia Emas 2045

Berita Selanjutnya

Mudahkan Mahasiswa dan Warga Depok Untuk Berwirausaha, UPNVJ Gandeng Bappeda Depok Resmikan “UPNVJ Business Hub”