UPNVJ Jadi Pilihan Tepat Bagi Peserta PMM 2023

HumasUPNVJ - Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2023 (PMM 3) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. PMM 3 menargetkan terdapat 204 PT Penerima dan 15.505 mahasiswa peserta program.

Terdapat 6 elemen utama PMM 3, yaitu:

1. Pertukaran mahasiswa dilakukan melalui perpindahan klaster antar pulau

2. Pengakuan hasil belajar hingga 20 sks

3. Memungkinkan pertukaran mahasiswa PTN ke PTS dan sebaliknya

4. Diikuti oleh mahasiswa semester 3, 5, dan 7 saat program berjalan

5. Eksplorasi  persatuan dalam keragaman melalui Modul Nusantara

6. Mekanisme pertukaran akademik ke akademik dan vokasi ke vokas

(sumber: pusat informasi kampus merdeka Kemdikbud)

Sama dengan tahun sebelumnya, tahun ini merupakan tahun ketiga UPN Veteran Jakarta menerima peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka inbound dari berbagai daerah yang ada di Indonesia, dari Sabang sampai Merauke. UPNVJ kembali menerima sekitar 58 mahasiswa-mahasiswi PMM.

Rektor UPNVJ, Anter Venus mengatakan bahwa kegiatan PMM ini memiliki banyak sekali manfaat baik bagi mahasiswa dan bagi perguruan tinggi penerima, “PMM ini dilaksanakan tentunya dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengiplementasikan wawasan kebangsaan, meningkatkan kepahamanan mahasiswa dalam keberagaman suku bangsa dan beragama, memperluas pengetahuan akademis dan mengembangkan sikap saling memahami sehingga tercipta penguatan persatuan. Dan tidak hanya itu, selain mahasiswa, UPNVJ sebagai salah satu perguruan tinggi penerima pun juga memiliki banyak sekali manfaat, yakni kita mampu meningkatkan pembelajaran yang berkualitas serta mampu mengembangkan tata Kelola kampus kita”, jelasnya kepada tim Humas UPNVJ.

Humas UPNVJ memiliki kesempatan untuk melakukan wawancara dengan beberapa perwakilan mahasiswa-mahasiswi PMM angkatan ketiga ini, diantaranya: Andri Damanik (Universitas Jambi), Mutiara R. Pangulu (Universitas Negeri Gorontalo), Andalan Christian Saputra Hia (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia), Francys Usfomeni (Universitas Nusa Cendana) dan Roberta R.P Situmorang (Universitas Lampung). (31/10)

IMG_4736.JPG

Dalam wawancaranya, Andri Damanik selaku ketua suku dari peserta PMM angkatan ketiga ini banyak bercerita terkait pengalaman yang ia dan teman-temannya selama hampir enam bulan di UPNVJ, “Saya sengaja memilih UPNVJ sebagai kampus pilihan saya dalam kegiatan PMM 3 ini, di UPNVJ saya mengambil jurusan hukum. Saya memilih UPNVJ karena UPNVJ salah satu kampus PTN favorite yang letaknya berada di Ibu kota Negara kita. Selain itu, saya juga sudah mengetahui bahwa UPNVJ dikenal sebagai kampus yang beridentitas bela negara, makanya saya tertarik. Hampir enam bulan berada dan menuntut ilmu disini, banyak sekali hal-hal yang mengesankan bagi saya. Mulai dari pembelajaran yang bagus, tenaga pengajar yang luar biasa dalam membagi ilmunya sampai dengan kegiatan-kegiatan seru yang menyenangkan seperti kegiatan Modul Nusantara”, ungkap Andri penuh semangat

Hal ini juga dirasakan Francys Usfomeni, Roberta R.P Situmorang, Mutiara R. Pangulu dan Andalan Christian Saputra Hia.

Mereka menjelaskan bahwa kegiatan Modul Nusantara menjadi salah satu kegiatan favorite karena peserta PMM 3 UPNVJ bisa berkunjung ke berbagai tempat di Jakarta, diantaranya Monumen Nasional, Kesekretariatan Negara, Masjid Istiqlal, Gereja Katedral dan berbagai tempat lainnya.

Andri Damanik, Mutiara R. Pangulu, Andalan Christian Saputra Hia, Francys Usfomeni, dan Roberta R.P Situmorang mewakili peserta PMM lainnya berharap semoga enam bulan belajar di UPNVJ para peserta PMM dapat membawa pulang manfaat yang banyak baik itu untuk diri sendiri dan untuk masing-masing universitas asal mereka.

Sesesuai dengan slogan khas PMM, “BERTUKAR SEMENTARA BERMAKNA SELAMANYA”.

IMG_4784.JPG

 

Berita Sebelumnya

Humas UPNVJ Hadiri Career Day “Be A Star for Your Future” SMA Pangudi Luhur

Berita Selanjutnya

Pendekar Silat UPNVJ Raih 3 Medali Silat Seni Pada Kerjurnas Piala Kemenpora