Prof. Dr. Efrizal Syofyan Asessor LAMEMBA : Ada 9 Kriteria yang Kita Nilai Dalam Akreditasi

 

HumasUPNVJ - Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) terima asesmen lapangan yang dilakukan oleh assessor dari Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (LAMEMBA) yaitu Prof. Dr. Efrizal Syofyan, SE, M.Si dan Dr. Fauzan Misra. M.Sc, Ak, CA, BKP.

dalam kesempatannya Prof. Efrizal mengatakan terdapat 9 kriteria penilaian yang dilakukan dalam proses akreditasi untuk program studi Magister Akuntasi ini.

“Kami akan menilai ada sebanyak 9 kriteria yang kami nilai meliputi visi dan misi beserta implementasinya, tata Kelola, tata pamong ,kemahasiswaan, sumber daya manusia (dosen), tenaga kependidikan, keuangan, sarana dan prasarana, kurikulum, dan penelitian serta pengabdian masyarakat yang sudah dengan hasil lengkap terkait tridharma yang sudah dilaksanakan” jelas Prof. Efrizal dalam kesempatanya, pada Selasa (20/02/24).

Beliau juga mengatakan akreditasi merupakan tugas negara untuk memastikan apakah program studi tersebut sudah dikelola secara benar atau belum dengan memastikan 9 kriteria tersebut.

“Jadi mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta penentuan akar masalah ketika ada masalah hingga tidaklanjut dan hasilnya. Jadi akreditasi di LAMEMBA ini kita tidak hanya mencari hasil yang kami lihat juga prosesnya hingga kebermanfaatannya” tambahnya.

Menurutnya kebermanfaatan lain dari akreditasi yang dilakukan bisa sangat berguna bagi pengakuan masyarakat.

“Jadi dengan adanya akreditasi ini negara sudah memberikan jaminan bahwa program studi ini sudah dikelola dengan baik sehingga timbul rasa percaya masyarakat untuk menitip anak-anaknya menjadi mahasiswa di program studi yang terakreditasi” ujar Prof. Efrizal.

Beliau juga memberikan beberapa kunci keberhasilan dari tim akreditasi yang antara lain adanya team work, menyiapkan dokumen dari jauh hari bahkan bisa dilakukan setelah akreditasi ini selesai.

“Jadi harapannya setelah kami selesai melakukan akreditasi, para dekan dan jajarannya sudah menyiapkan dokumen reakreditasi selanjutnya. Jadi keberhasilan letaknya dari kerjasama dan siapnya dokumen yang akan digunakan. Karena ada beberapa dokumen yang tidak bisa disiapkan dengan mudah kunci keberhasilannya perencanaan sejak awal” jelasnya.

assesore_FEB1.jpeg

Senada dengan Prof. Efrizal, Dr. Fauzan juga mengatakan bahwa kegiatan akreditasi merupakan kegiatan marathon ditengah kesibukan para dosen dalam mengajar dengan mengedepankan kemampuan mengelola kolaborasi sesama tim menjadi faktor utama keberhasilan karena semua harus menyadari mutu adalah hal yang sangat penting.

Dalam kesempatannya, Prof. Efrizal juga menjelaskan faktor utama mendapatkan akreditasi unggul dalam sebuah program studi salah satunya dengan mayoritas dosen pengajar sarjana sudah doktoral, untuk pengajar magister semuanya sudah harus doktoral, dan 60% dosen pengajar pangkat jabatan akademiknya sudah lektor kepala.

Selain itu, harus punya publikasi internasional, 1% lebih dari mahasiswa program studi memiliki artikel yang dipresentasikan pada seminar internasional , dan sitasi dari publikasi dosen minimal 10 sitasi per dosen dalam setahun.

Penilaian singkat juga diberikan selama proses akreditasi dilaksanakan.

“Setelah saya dua hari disini untuk tata kelola sudah bagus, saran kami tingkatkan pencapaian di tingkat internasional kembangkan dosen mendapatkan sertifikasi kompetensi internasional” tamabahnya.

assesore_FEB3.jpeg

Prof. Prasetyo Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan dalam kesempatannya memberikan semangat untuk tim akreditasi FEB UPNVJ.

“Teruslah semangat memajukan program studi Magister Akuntansi dan lainnya dan bisa menindaklanjuti masukan dari para assessor yang bisa menjadi bahan kedepan untuk menjadi lebih baik lagi. Harapan Saya kita sudah banyak mendapatkan fasilitas dan SDM yang bergelar doktoral, namun yang belum mendapatkan gelar tersebut semoga terpacu semangatnya dan kita juga mensupport untuk meneruskan Pendidikan dan menambah sertifikasi kompetensinya baik nasional maupun internasional” tutupnya.

assesore_FEB4.jpeg

 

 

 

Berita Sebelumnya

Akreditasi Magister Akuntansi, FEB Terima Kunjungan Assesor LAMEMBA

Berita Selanjutnya

Rektor Tandatangani Perjanjian Kinerja 2024 dengan KA Sub Satker di Lingkungan UPNVJ