Masuk Grand Final, Lima Finalis Pilmapres UPNVJ 2024 Jalani Uji Publik di Tingkat Universitas

HumasUPNVJ – Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang digagas oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mendorong mahasiswa untuk tidak hanya unggul dalam akademik, namun juga menjadi individu yang kreatif, inovatif, berdaya saing tinggi, dan berkarakter.

Sehubungan dengan itu UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) menyelenggarakan salah satu program dibidang pengembangan prestasi yaitu Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) tingkat universitas untuk program diploma dan sarjana.

Proses pemilihan awalnya dilakukan pada tingkat fakultas terlebih dahulu yang sudah dimulai sejak 24 Februari lalu. Dari seleksi Tingkat fakultas ini didapat lima mahasiswa yang layak menjadi finalis untuk menuju seleksi di tingkat universitas, mereka adalah:

1. Muhammad Israfil, NIM 2210701023, D3 Keperawatan, Fakultas Ilmu Kesehatan

2. Winda Husni Arifah, NIM 2110211006, S1 Kedokteran, Fakultas Kedokteran

3. Fairuz Mumtaz Abafiyah Putri, NIM 110611184, S1 Hukum, Fakultas Hukum

4. Jannatul Jasmine, NIM 2110116053, S1 Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis

5. Siti Halwa Khoirinnisa Zahra, NIM 2110715021, S1 Fisioterapi, Fakultas Ilmu Kesehatan

Setelah berhasil melewati seleksi berkas dan administrasi di tingkat fakultas, hari ini, Jum’at, 22 Maret 2024 kelima finalis melakukan uji publik Pilmapres di Tingkat universitas. Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika.

“Selamat berjuang buat teman-teman mahasiswa di ajang nasional ini, perlu kalian tahu juga bahwa penilaian ini tidak hanya berdasarkan prestasi melainkan juga dari hasil karya ilmiah yang kalian miliki sehingga prestasi dan karya ilmiah bisa menjadi sinergi.” Ucap Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr.dr. Ria Maria Theresa, SpKJ., M.H dalam sambutannya saat membuka acara Uji Publik Pilmapres UPNVJ 2024.

IMG_6714.JPG

Para finalis akan menjalani serangkaian uji kompetisi dan presentasi di hadapan lima asesor yang terdiri dari para ahli bidangnya masing-masing. Presentasi dalam hal ini yaitu mengenai gagasan kreatif (untuk program sarjana) dan produk inovatif (untuk program diploma) yang diajukan oleh masing-masing finalis.

Setelah itu setiap asesor dipersilahkan untuk melontarkan pertanyaan agar para finalis dapat menjelaskan hasil risetnya lebih dalam lagi.

Penilaian keunggulan mahasiswa berprestasi akan dievaluasi dari aspek pengetahuan dan keterampilan serta keterampilan hidup, di antaranya komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, kreativitas, dan karakter unggul lainnya.

Finalis_Uji_Publik_Pilmapres_2024.png

Lebih rinci lagi, penilaian dan seleksi didasarkan pada tiga hal, yaitu: 1) Capaian unggulan yaitu rekapitulasi prestasi mahasiswa selama kuliah meliputi etika, sikap, dan public speaking, 2) Karya Ilmiah yaitu karya tulis ilmiah yang dibuat oleh finalis dengan tema SDGs, 3) Kemampuan bahasa Inggris meliputi speaking dan writing.

Pemenang mahasiswa berprestasi tingkat universitas nantinya berhak mewakili UPNVJ dikompetisi pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pilmapres tingkat universitas ini diharapkan tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga sebagai momentum bagi mahasiswa untuk terus berkembang dan berkontribusi positif bagi lingkungan sekitar. (sf)

Berita Sebelumnya

UPNVJ Buka Kuota 50% untuk SNBT 2024

Berita Selanjutnya

Dua Mahasiswa UPNVJ Lolos ke Seleksi Nasional Pilmapres Kemdikbudristek 2024