Prodi Sarjana Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ Raih Akreditasi 'Baik Sekali’

IMG_3093.jpeg

HumasUPNVJ - Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) berhasil meraih akreditasi dengan predikat Baik Sekali. Hal tersebut tertuang dalam surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Negeri (BAN-PT) nomor : 536/SK/BAN-PT/Ak.KP/S/II/2024.

Ditemui di Ruang Puska Bela Negara UPNVJ pada Senin (04/03/24), Dr. Azwar selaku Ketua Program Studi Sarjana Ilmu Komunikasi mengatakan bahwa hasil ini bisa dicapai berkat dukungan universitas.

"Keluarnya SK akreditasi untuk mengubah dari yang sebelumnya ada pada akreditasi B menjadi peringkat Baik Sekali. Hal ini juga didukung penuh oleh universitas khusunya Dr. Anter Venus, Rektor UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ)," ujar Azwar.

"Proses ini memang cukup panjang waktunya dalam mempersiapkan segalanya mulai dari sumber daya manusia hingga dokumen dan data lainnya. Terdapat dua hal yang penting dalam prosesnya yaitu kemahasiswaan dan sumber daya manusia," tambahnya.

Terdapat sembilan kriteria yang harus terpenuhi suatu prodi dalam proses akreditasi, yaitu 1) Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi, 2) Tata Pamong, Tata Kelola, dan Kerjasama, 3) Mahasiswa, 4) Sumber Daya Manusia, 5) Keuangan, Sarana, dan Prasarana, 6) Pendidikan, 7) Penelitian, 8) Pengabdian kepada Masyarakat, dan 9) Luaran dan Capaian Tridharma.

"Dari segi sumber daya manusia kita sudah dirasa cukup, bahkan untuk nanti reakreditasi. Saya optimistis bisa mendapatkan hasil Unggul," harap Azwar.

Dalam proses akreditasi, Azwar mengatakan terdapat beberapa kendala, terutama perihal data alumni atau tracer study.

"Dari segi kemahasiswaan yang pertama itu ada dari kepeminatan. Untuk tingkat kepeminatan sudah kita ketahui bersama setiap tahun selalu melonjak peminatnya, dan selalu masuk 10 besar program studi terbanyak peminatnya," tutur Azwar.

"Hambatan yang kami hadapi ada pada data alumni atau tracer study. Namun hingga saat ini, data terus berjalan dan akan kami terus pantau hingga bulan Juli," lanjutnya.

Azwar berharap dan optimistis Prodi Sarjana Ilmu Komunikasi FISIP UPNVJ bisa mendapatkan predikat akreditasi Unggul di awal 2025.

"Rektor dan jajarannya juga menginginkan submit di bulan Juli untuk reakreditasi, dan saya optimistis di awal tahun 2025 sudah keluar hasilnya dengan nilai Unggul," pungkasnya.

*ans

Berita Sebelumnya

Seru! Mahasiswa PMM 4 UPNVJ Bangun Chemistry Pada Kelas Modul Nusantara

Berita Selanjutnya

Kunjungi Kazakh Ablai Khan University, UPNVJ Hadirkan Budaya RI di Indonesia Corner