Sivitas Akademica UPNVJ Awali Hari Pertama Kerja dengan Halal Bihalal

HumasUPNVJ - Silaturahmi dalam Islam memiliki makna yang sangat dalam. Ini adalah konsep yang menekankan pentingnya menjalin hubungan yang baik dengan sesama manusia. Rasulullah SAW telah memberikan banyak pengajaran tentang pentingnya silaturahmi, bahkan dalam hadits beliau menyatakan bahwa menjaga silaturahmi dapat memperpanjang umur dan mendatangkan rizki yang berlimpah. Silaturrahmi mencakup kunjungan, sapaan, dan juga sikap saling peduli antar sesama. Dalam konteks halal bihalal, silaturahmi menjadi ajang untuk mempererat hubungan sosial dan memperkuat rasa persaudaraan di antara anggota masyarakat. Tradisi halal bihalal merupakan bagian dari warisan budaya dan agama yang sangat berharga bagi masyarakat Indonesia. Menjaga tradisi ini adalah upaya untuk memperkuat identitas budaya dan agama serta melestarikan nilai-nilai luhur yang telah diterima dari para leluhur. Dengan menjaga tradisi halal bihalal, kita juga ikut menjaga kekayaan budaya bangsa dan menghormati warisan yang telah ditinggalkan oleh para pendahulu kita.

Sejalan dengan hal ini, untuk menyambut hangat hari pertama kerja, sivitas akademica UPN “Veteran” Jakarta melaksanakan Halal Bihalal. (16/4)

DSC_9840.JPG

Anter Venus, Rektor UPNVJ dalam sambutannya menyampaikan mengenai pentingnya menjalin tali silaturrahmi dan saling memaafkan khususnya dilingkungan kerja, “Saling Memaafkan salah satu ajaran utama dalam Islam. Rasulullah SAW secara aktif mempromosikan sikap memaafkan dan berdamai dengan sesama manusia. Memaafkan merupakan tindakan mulia yang melahirkan kedamaian dalam hati dan masyarakat. Hal ini juga mencerminkan kesadaran akan kebesaran Allah SWT yang selalu memberikan ampunan kepada hamba-Nya. Dalam konteks halal bihalal, momen ini menjadi waktu yang tepat untuk memaafkan kesalahan dan kesalahan yang mungkin terjadi di antara anggota keluarga atau masyarakat”, jelas Venus

“Halal bihlalal juga untuk menjaga hubungan sosial yang baik merupakan fondasi dari sebuah masyarakat yang harmonis dan berkelanjutan. Menjaga hubungan sosial tidak hanya mencakup interaksi yang positif antar individu, tetapi juga sikap saling peduli, membantu sesama, dan memperhatikan kebutuhan orang lain. Dalam Islam, menjaga hubungan sosial adalah bagian dari ibadah yang sama pentingnya dengan ibadah ritual lainnya. Dalam halal bihalal, momen ini menjadi kesempatan untuk memperkuat hubungan sosial dan mempererat ikatan antar anggota masyarakat”, lanjutnya

IMG_9364.JPG

UPNVJ juga menghadirkan KH. Syahrul Ramadhan, S.Ag.MM selaku Ketua Yayasan Da’i Preneur Indonesia, Pendakwah Program Damai Indonesia Ku di TV One dan Pendakwah Program Cahaya Hati di iNews TV untuk hadir secara langsung di UPNVJ untuk memberikan tausiyah kepada pegawai UPNVJ. (*s)

DMP00693.JPG

Berita Sebelumnya

Tebar Kebahagiaan, DKM UPNVJ Bagikan Takjil untuk Mahasiswa Selama Ramadan

Berita Selanjutnya

Wisuda ke-72 UPNVJ: Rektor Dorong Wisudawan Jadi Generasi Kompeten dan Bernalar