Pakaian Adat Warnai Peringatan Hari Lahir Pancasila di UPNVJ

UPNVJ_Hari_Lahir_pancasila_.jpeg

HumasUPNVJ- Seluruh sivitas akademika Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta (UPNVJ) melakukan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila pada Sabtu, 1 Juni 2024.

Bertempat di depan dedung dr. Wahidin Fakultas Kedokteran UPNVJ, upacara Hari Lahir Pancasila dilaksanakan dengan khidmat.

Berbeda dari sebelumnya, upacara Hari Lahir Pancasila tahun ini dimeriahkan para peserta dengan mengenakan pakaian adat dari berbagai daerah nusantara.

Dalam kesempatan tersebut, Rektor UPNVJ Anter Venus selaku pembina upacara menyerukan slogan Pancasila kepada peserta dan membacakan pidato Kepala Badan pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia.

"Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema 'Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.' Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat," ujar Venus.

Dalam momentum yang sangat bersejarah ini, Venus mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. 

"Sebagai meja statis, Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Sedangkan sebagai leitstar dinamis, Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini," ucapnya.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, Venus yakin seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia mampu menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik negara. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya.

Masih dalam pidato, Venus juga menjabarkan bahwa kita semua patut bersyukur dan bangga bahwa bangsa Indonesia telah terbukti menjadi bangsa dewasa, baik dalam berdemokrasi, berbangsa, maupun bernegara.

"Kita harus bersyukur dan berbangga telah melewati pemilihan umum yang demokratis secara aman dan damai demi tegaknya kedaulatan rakyat, konstitusi serta persatuan dan kesatuan bangsa," tutup Venus.

Berita Sebelumnya

UPNVJ dan Kedubes Kazakhstan Bahas Rencana Pendirian Pusat Kajian Asia Tengah

Berita Selanjutnya

UPNVJ Sepakati Kerja Sama dengan Hunkuk University Law School