FISIP Capai IKU Tertinggi di UPNVJ

HumasUPNVJ - Kabar membanggakan kembali datang dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) di Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jakarta. Berkat usaha keras dan kerja sama yang baik antar berbagai pihak, FISIP berhasil meraih Indikator Kinerja Utama (IKU) tertinggi di antara 6 fakultas lain di UPNVJ.

Sebelumnya, FISIP UPNVJ hanya mencapai 65,3 poin IKU. Namun lonjakan terjadi tahun ini, di mana FISIP mencapai 93,19 poin IKU.

"Awal saya datang, FISIP memiliki capaian kinerja itu di angka 65,3. Saya hanya berpikir jika tidak ada perubahan, maka saya gagal. Adaptasi saya juga buat terprogram yang paling utama mengumpulkan dan mengkoordinasikan semua stakeholder, khususnya Tenaga Kependidikan kita butuh mereka yang bisa nantinya bekerja sama dengan dosen," ucap Dekan FISIP UPNVJ Dr. S. Bekti Istiyanto.

WhatsApp_Image_2024-07-10_at_12.08.18.jpeg

"Semua tim kita bentuk yang hingga sekarang masih solid. Kita rutin melakukan pertemuan untuk membahas semua hal dengan tujuan bisa memenuhi target," sambungnya.

Dalam proses meningkatkan nilai IKU, Bekti menyebutkan adanya berbagai beberapa. "Setiap hambatan yang ditemui selalu dibahas dan diusahakan untuk menemukan jalan keluar hingga selesai," ujarnya.

Bekti memiliki beberapa strategi untuk bisa memenuhi semua aspek pemenuhan. Strategi utamanya adalah membentuk tim solid yang bekerja dan mengetahui tupoksinya masing-masing. Tim ini melakukan pertemuan rutin, menentukan target yang harus dicapai, dan apa-apa saja yang belum memenuhi target menjadi prioritas program utama.

"Kita buat laporan rutin setiap dua minggu dan kita evaluasi dalam prosesnya," tuturnya.

Turut dibentuk juga tim yang dibawahi bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, di mana mereka membina serta mengumpulkan mahasiswa berprestasi untuk nantinya bisa diarahkan meraih prestasi yang lebih baik. Kerja sama juga ditingkatkan hingga ke tingkat Internasional.

"Setahun saya menjabat, saya cukup sulit untuk menemukan data termasuk data POB dan lain sebagainya. Setelah itu, saya mengutus tim untuk belajar gugus kendali mutu ke universitas lain. Setelah hasil pembelajaran itu, kita bisa menghasilkan 68 Prosedur Operasional Baku (POB), ini luar biasa," ungkap Bekti.

Terhitung kurang dari setahun atau kurang lebih 8 bulan, FISIP UPNVJ telah melakukan persiapan dan mengumpulkan segala dokumen yang dibutuhkan untuk penilaian IKU.

"Semoga kita bisa mempertahankan yang ada, bahkan lebih baik karena kita memiliki tagline 'Lebih Maju, Unggul dan Peduli.' Itu sudah harus tertanam, khusus kepada FISIP," pungkas Bekti.

Berita Terkait : https://www.upnvj.ac.id/id/berita/2024/07/upnvj-raih-iku-terbaik-kedua-dalam-liga-ptn-blu-kemendikbudristek.html

Berita Sebelumnya

UPNVJ Raih IKU Terbaik Kedua dalam Liga PTN-BLU Kemendikbudristek

Berita Selanjutnya

UPNVJ Jadi Tuan Rumah Simposium BKS-PTN Barat Tahun 2024