UPNVJ Raih IKU Terbaik Kedua dalam Liga PTN-BLU Kemendikbudristek

 

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) baru berstatus Badan Layanan Umum (BLU) meraih penghargaan Indeks Kinerja Utama (IKU) tahun 2023 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

UPNVJ berada di peringkat ke-2 penghargaan Liga PTN BLU dari 30 PTN dengan poin capaian 69,58.

"Ini tahun kedua kita mendapatkan penghargaan IKU. Tahun lalu rangking 8, saat ini kita meraih peringkat ke-2 di mana kita memang bersaing dengan PTN senior yang lebih dahulu dibanding kita," Rektor UPNVJ Anter Venus.

"Ini capaian luar biasa bagi kita dari 30 PTN yang terhitung PTN baru, perkiraan hanya ada 4 salah satunya kita. Selebihnya PTN yang berdiri cukup lama puluhan tahun, jadi kita beruntung berada di urutan kedua," tambahnya 

Venus juga mengatakan salah satu faktor capaian IKU ini ialah 10 program studi di UPNVJ yang sudah terakreditasi internasional.

1a7c3e49-d46a-4589-82f1-d2d03bce9fdb.jpeg

"Kita juga unggul untuk internasionalisasi, di mana 10 program studi kita yang sudah terakreditasi internasional menjadi salah satu faktor keberhasilan meraih IKU ini," jelas Venus.

IKU merupakan standar utama Kemendikbudristek untuk menilai kinerja sebuah PTN. IKU menilai delapan indikator penting dalam pengelolaan PTN:

IKU 1: Lulusan Mendapat Pekerjaan yang Layak
IKU 2: Mahasiswa Mendapat Pengalaman di Luar Kampus
IKU 3: Dosen Berkegiatan di Luar Kampus
IKU 4: Praktisi Mengajar di Dalam Kampus
IKU 5: Hasil Kerja Dosen Digunakan Oleh Masyarakat Atau Mendapat Rekognisi Internasional
IKU 6: Program Studi Bekerjasama dengan Mitra Kelas Dunia
IKU 7: Kelas yang Kolaboratif dan Partisipatif
IKU 8: Program Studi Berstandar Internasional

"UPNVJ memang memiliki komitmen bersama untuk melakukan transformasi meraih keunggulan yang juga menjadi moto saat ini. Kita punya kepedulian dan perhatian untuk IKU, karena IKU merepresentasikan bagaimana PTN itu dikelola dan berkomitmen untuk menerapkan kebijakan pendidikan yang ditentukan pemerintah," ucap Venus.

Rektor UPNVJ juga menjelaskan bentuk perhatian terhadap IKU dengan melakukan pemantauan rutin dan perhatian khusus bagi IKU yang dianggap kurang memenuhi target.

"Setiap bulan kita melakukan pertemuan untuk menentukan indikator ke berapa yang harus diperhatikan. Kita menetapkan target sehingga terpantau. Kita berupaya selalu menyiapkan diri untuk perihal dokumen dan lain sebagainya sehingga jika dibutuhkan penarikan data kita tinggal kirim data tersebut," jelas Venus.

"Kita juga tidak lupa memberikan apreasisi kepada siapa saja yang bisa mencapai target kinerja dengan maksimal. Itu kita perhatikan," tambahnya.

Dalam kesempatan ini, Venus juga berpesan kepada seluruh pemangku kepentingan, baik internal maupun eksernal, untuk menjaga solidaritas baik dalam pekerjaan maupun kerja sama mencapai prestasi.

"Raihan ini merupakan hasil bersama. Ini prestasi seluruh sivitas academika UPNVJ, dan Alhamdulillah kita kompak dalam mengeksekusi semuanya. Semua target terpenuhi, jadi harus kita jaga semangat kebersamaan ini," ungkap Venus.

"Saya ucapkan terima kasih atas kerja sama seluruh pihak. Ini menjadi cermin bagi kita bahwa kita mampu walau masih terbilang PTN baru. Kita mampu bersaing untuk menjadi yang terbaik. Tetap semangat," tutupnya.

Berita Sebelumnya

SMM-PTN Barat 2024 Berjalan Lancar di UPNVJ!

Berita Selanjutnya

FISIP Capai IKU Tertinggi di UPNVJ