UPNVJ Jadi Tuan Rumah PKM Award Belmawa Ristekdikti Tahun 2024

IMG_6162.JPG
Sambutan Rektor UPNVJ

HumasUPNVJ - Setelah melewati masa Penilaian Kemajuan Pelaksanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKP2) selama dua pekan, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) bersama Direktorat  Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) menggelar Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Award, pada Senin, 19 Agustus 2024.

Dalam prosesnya, PKM 2024 melibatkan 459 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di seluruh Indonesia 3.520 tim PKM dengan 10.560 mahasiswa yang mempresentasi proposal dan melengkapi luaran PKM. 

Luaran PKM saat ini terdapat Laporan, Produk dan Sosial media yang tercatat saat ini 100.000 Konten edukasi telah diunggah oleh mahasiswa dan 2,1 juta penonton di media sosial. 

Menurut Rektor UPNVJ Anter Venus, kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menginspirasi dan memotivasi serta memicu inovasi baru dari para mahasiswa.

“Bagi kam, kegiatan ini bukan hanya menginspirasi dan memotivasi namun ini acara besar yang melibatkan ratusan perguruan tinggi negeri dan swasta dan terdapat 3.520 yang lolos proposal. Ada 8 jenis award yang akan diberikan,” jelas Venus dalam sambutannya di Auditorium Bhinneka Tunggal Ika.

IMG_6209.JPG
Sambutan Direktur Belmawa Prof. Dr. Ir. Sri Suning 

Dalam kesempatan yang istimewa ini, Direktur Belmawa Prof. Dr. Ir. Sri Suning mengatakan kegiata PKM ini mendapat respon positif terlihat dari bertambah banyaknya proposal yang diusulkan oleh mahasiswa setiap tahunnya.

“Lulusan Perguruan Tinggi dituntut untuk memiliki academic knowledge, skill of thinking, management skill, dan communication skill. Kekurangan atas salah satu dari keempat keterampilan/kemahiran tersebut dapat menyebabkan berkurangnya mutu lulusan”

“Sinergisme akan tercermin melalui kemampuan lulusan dalam kecepatan menemukan solusi atas persoalan yang dihadapinya. Dengan demikian, pemikiran dan perilaku yang ditunjukkan mahasiswa akan bersifat kreatif (unik dan bermanfaat) dan konstruktif (dapat diwujudkan). Kemampuan berpikir kreatif dan bertindak inovatif mahasiswa dapat disalurkan melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan. Oleh karena itu Direktorat Belmawa, Ditjen Diktiristek menginisiasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)” ungkap Prof. Suning dalam kesempatannya.

Tak lupa, beliau juga mengucapkan terimakasih atas keberhasilan agenda PKM tahun ini dimana UPNVJ menjadi tuan rumah.

IMG_6585.JPG
Prof. Suning bersama perwakilan kampus

“Terima kasih kepada tuan rumah yaitu UPNVJ atas bantuannya mengerahkan 74 host dan co host dengan infrastruktur yang luar biasa mendukung. Kami juga mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya kepada Ketua Tim Kerja Kemahasiswaan, Penanggungjawab Tim Kerja KMBK dan teman-teman staf, panitia serta Terimakasih kepada Tim Humas Youtube UPNVJ sebagai media broadcasting pelaksanaan PKP2 sebagai langkah menyebarkan edukasi melalui PKM atas terlaksananya kegiatan PKP2 dan PKM Award dengan sukses” ucapnya.

Dalam PKM Award tahun ini, terdapat beberapa penghargaan yang diterima oleh puluhan perguruan tinggi yang antara lain Dosen Pendamping Kelompok Mahasiswa yang Meloloskan Pendanaan dan Insentif Terbanyak pada PKM Tahun 2024, Perguruan Tinggi Penerima Pendanaan Terbanyak pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2024 dan Perguruan Tinggi Penerima Insentif Terbanyak pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Tahun 2024 (Per Klaster) serta Perguruan Tinggi Terproduktif pada Program Kreativitas Mahasiswa  (PKM) Tahun 2024.

Selain itu terdapat, Kelompok Mahasiswa dengan Laporan Kemajuan dan Luaran Kemajuan Terinformatif, Kelompok Mahasiswa dengan Sosial Media Termenarik pada Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skema Pendanaan Tahun 2024, Kelompok Mahasiswa Terkreatif pada setiap Bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skema Insentif Tahun 2024 dan Kelompok Mahasiswa Terkreatif pada setiap Bidang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Skema Pendanaan Tahun 2024.

IMG_6786.JPG
Pengumuman Pemenang Mahasiswa

 

Berita Sebelumnya

UPPBJ mengundang Kantor Akuntan Publik untuk mendaftarkan perusahaannya menjadi DPT di UPNVJ

Berita Selanjutnya

Wakil Rektor Bidang Akademik Terima SK Pembukaan Prodi Kajian Film, Televisi dan Media