Tingkatkan Integritas Akademik, UPNVJ Gelar Sosialisasi Kode Etik Dosen

HumasUPNVJ –Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) menggelar sosialisasi kode etik dosen yang dihadiri oleh seluruh tenaga pengajar. Acara yang berlangsung melalui platform zoom (online) ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kepatuhan terhadap standar etika yang berlaku di lingkungan akademik. (17/9)

Screen_Shot_2024-09-17_at_09.38.28.png
Sambutan Anter Venus, Rektor UPNVJ

Sosialisasi ini dibuka langsung oleh Rektor UPNVJ, Anter Venus, yang menekankan pentingnya kode etik sebagai landasan dalam menjalankan profesi sebagai dosen. Dalam sambutannya, Anter Venus menyatakan, “Kode etik bukan hanya sekadar pedoman, tetapi merupakan komitmen kita terhadap integritas akademik dan profesionalisme. Melalui sosialisasi ini, kami berharap seluruh dosen dapat lebih memahami dan mengimplementasikan prinsip-prinsip etika dalam setiap aspek pekerjaan mereka, sebagai dosen”, jelasnya

Sosialisasi ini menghadirkan narasumber internal Dr. Henry Binsarr, Wakil Rektor Bidang Akademik, yang memaparkan berbagai aspek kode etik dosen dan integritas akademik, termasuk menjelaskan mengenai POB alur penanganan pelanggaran kode etik dosen serta POB alur penanganan pelanggaran integritas akademik.

Selain itu, turut hadir Prof. Netty Herawati, Wakil Rektor bidang Perencanaan, Keuangan dan Umum UPNVJ. Prof. Netty menjelaskan mengenai paparan umum terkait aturan dan temuan.

Selama sesi tanya jawab, banyak dosen yang antusias bertanya tentang penerapan kode etik dalam konteks tertentu, seperti penilaian mahasiswa dan konflik kepentingan. Diskusi ini bertujuan untuk memberikan klarifikasi dan solusi praktis bagi tantangan yang mungkin dihadapi dosen dalam menjalankan tugas mereka sehari-hari.

Dengan sosialisasi ini, UPNVJ berkomitmen untuk menjaga kualitas pendidikan dan tanggung jawab tenaga pengajar dilingkungan kampus.

Screen_Shot_2024-09-17_at_09.50.50.png
Foto Bersama Peserta (Dosen) dilingkungan UPNVJ

 

Berita Sebelumnya

Buku "Perjalanan Sang Profesor": Kisah Inspiratif dari Prof. Supriyanto

Berita Selanjutnya

Berkomitmen Pada Penerapan Nilai Bela Negara, UPNVJ Rutin Laksanakan Upacara Bendera Setiap Bulan