Rektor UPNVJ Terima Penghargaan Tertinggi Bintang Legiun Veteran RI

IMG_0269.JPG

HumasUPNVJ - Rektor Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) Anter Venus menerima penghargaan Bintang Legiun Veteran RI atas kontribusi positif kepada para veteran serta komitmennya menanamkan nilai-nilai perjuangan serta Bela Negara di lingkungan kampus UPNVJ.

Penghargaan diserahkan langsung Ketua Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Letjen TNI (Purn) H.B.L Mantiri dalam acara penganugerahan di Kampus Pondok Labu UPNVJ pada Jumat, 4 Oktober 2024.

Mengapresiasi penghargaan Bintang Legiun Veteran RI, Venus mengatakan bahwa UPNVJ lahir dari semangat dan perjuangan para pahlawan yang kemudian menjadi veteran. Para pejuang ini, lanjut dia, mengabdikan diri untuk mencerdaskan kehidupan bangsa setelah bersusah payah meraih kemerdekaan.

“Pejuang ini beralih dari berjuang meraih kemerdekaan dengan mengangkat senjata menjadi pendiri institusi pendidikan, dan dari situ lahir UPN Veteran Jakarta sebagai bentuk pengabdian para pejuang terhadap bangsa,” tutur Venus dalam kata sambutannya.

IMG_0296.JPG

Sebagai bagian dari Kementerian Pertahanan RI, para veteran perang yang juga turut mendirikan UPNVJ, dan menjadikannya memiliki keterikatan erat dengan LVRI.

Sejak awal berdirinya UPNVJ, nilai-nilai perjuangan telah tertanam dalam institusi ini. Venus mengatakan tugas UPNVJ sebagai institusi pendidikan adalah melanjutkan dan mewariskan nilai-nilai perjuangan dan Bela Negara yang telah diperjuangkan oleh para veteran.

“Komitmen UPNVJ dalam mewariskan nilai-nilai ini begitu kuat, tidak hanya dalam upaya mempertahankan dan membela negara, tetapi juga meneruskan nilai-nilai perjuangan kepada generasi muda,” ujar Venus.

Budaya Kerja UPNVJ

Salah satu aktualisasi nyata dari komitmen ini adalah pelaksanaan program Bela Negara yang melibatkan peserta dari berbagai kalangan, baik dari dalam maupun luar UPNVJ.

Saat ini, UPNVJ sedang mengukur Indeks Imlementasi Bela Negara (IIBN) untuk melihat sejauh mana implementasi nilai-nilai bela negara diterapkan oleh para pesertanya. “Penting bagi kami memastikan bahwa nilai-nilai perjuangan, terutama semangat 1945, terus hidup dan mengakar dalam diri,” kata Venus.

Sebagai bentuk komitmen yang lebih luas, UPNVJ juga memasukkan nilai perjuangan dalam budaya kerjanya melalui prinsip PIKIR, yang meliputi Profesionalisme, Integritas, Kejuangan, Inovatif, dan Responsif. Nilai perjuangan menjadi salah satu nilai inti yang dipegang teguh UPNVJ.

Venus mengatakan, UPNVJ berkomitmen total untuk terus menjaga dan mengimplementasikan nilai-nilai yang menjadi fondasi bangsa ini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas penganugerahan Bintang Legiun Veteran Republik Indonesia. Penghargaan ini menjadi pengingat bagi kami untuk terus melibatkan lebih banyak elemen masyarakat dalam upaya bersama untuk membela, menjaga, dan menghidupkan kembali nilai-nilai yang menjadi dasar negara Indonesia,” pungkas Venus.

Berita Sebelumnya

Terus Banggakan UPNVJ, Renasti Pratiwi Raih Medali Emas dan Perunggu pada PON XXI/2024

Berita Selanjutnya

LVRI: Rektor UPNVJ Berkontribusi dan Berjasa Besar kepada Veteran RI