51 Dokter Baru UPN Veteran Jakarta, Laksanakan Angkat Sumpah angkatan ke - 62 Secara Virtual

 

HumasUPNVJ - Momen perdana akibat Pandemi Covid-19 saat ini, Fakultas Kedokteran UPN Veteran Jakarta (FK-UPNVJ) melaksanakan Pelantikan dan Angkat Sumpah Dokter angkatan ke - 62 secara virtual, pada Rabu, 3 Juni 2020.

Pengambilan sumpah dokter yang dilakukan secara virtual ini dipimpin oleh Dekan Fakultas Kedokteran dr. Prijo Sidipratomo dan diikuti sebanyak 51 dokter baru dengan masing-masing memeluk alquran.

Secara teknis pelaksanaannya, dekan beserta jajarannya melakukan secara online di Gedung dr. Wahidin UPNVJ dan para peserta lainnya mengikuti pembacaan sumpah via zoom meeting.

sumpah_dokter_62_(4).jpeg

(Dekan FK UPNVJ)

Dekan FK UPNVJ dr. Prijo Sidipratomo menyampaikan, ucapan terimakasih kepada orang tua dan dokter baru karena telah percaya untuk dapat mengemban pendidikan di UPNVJ. Beliau juga menceritakan kisah nyata seorang dokter yang juga menjabat sebagai Bupati Kulon Progo Dr. Hasto Wardoyo yang dapat memberikan inspirasi dokter baru agar dapat mengikuti jejaknya kelak dengan selalu mengedepankan kepentingan dan kesehatan rakyat.  

dr. Prijo berharap sebagai lulusan UPNVJ para lulusan dapat mengimplementasikan jiwa Bela Negara karena hal tersebut adalah identitas dari UPNVJ dan lulusan dapat menjadi pemimpin serta berkontribusi terhadap lingkungan dan kehidupan bermasyarakat.

“Jadi lah dokter yang perhatian pada rakyatmu, bangsamu. Bisa membebaskan negeri ini menjadi negeri yang sehat mulai dari diri sendiri karena kalian adalah pelaku perubahan” tambah dr. Prijo.

sumpah_dokter_62_(6).jpeg

(dr. Widya Novit Amanda lulusan dengan nilai IPK tertinggi)

Perlu diketahui, FK UPNVJ pada tahun ini telah meluluskan 51 dokter baru dengan prestasi IPK rata – rata 3,50 dan IPK tertinggi diraih oleh dr. Widya Novit Amanda dengan IPK 3,71. Tidak hanya itu, pada periode ini dicapai nilai tertinggi Ujian CBT 87 oleh dr. Wiraga Adi Nugraha dan Nilai OSCE Nasional tertinggi 31,33 oleh dr. Rachmat Aminullah dan presentase lulusan firstaker sebanyak 88,37 %. Sampai saat ini FK UPN Veteran Jakarta telah meluluskan sebanyak 2664 orang dokter.

Dalam kesempatannya Rektor UPNVJ Erna Hernawati mewakili senat universitas,  mengucapkan selamat atas sumpah dokter. Meski dilakukan secara virtual namun tidak mengurangi makna dari sumpah yang diucapkan.

Rektor_UPNVJ.jpeg

(Rektor UPNVJ)

“Momen ini akan menjadi kenangan, menjadi cerita pada suatu saat nanti, tentunya yang terpenting tidak hanya dari acara seremonialnya saja, namun sumpah yang telah diucap dengan baik juga dapat dipertanggungjawabkan dengan sebaik-baiknya” ucap rektor.

Rektor juga mengatakan, angkat sumpah ini ia rasakan betapa luar biasa profesi yang akan di emban ini yang nantinya dapat memberikan jaminan kepada masyarakat bagaimana tanggung jawab seorang dokter serta perilaku yang harus dijaga pada masyarakat.

“Saya juga sebagai rektor melakukan sumpah dan sumpah ini diucap agar kita menyadari etika yang harus dilakukan, bertanggung jawab, menjaga integritas dan tidak menyalahgunakan profesi. Sama seperti kalian yang berucap sumpah senantiasa mengutamakan masyarakat dan berperilaku baik pada teman sejawat. Sumpah ini tidak bisa hanya diucapkan dan tidak berat pula, apabila kita sudah berniat untuk menempati sumpah yang kita sampaikan. Mari kita mulai dari diri sendiri mudah-mudahkan ini menjadi awal pergerakan untuk Indonesia yang lebih baik lagi” tutur rektor.

Rektor juga berpesan, “Pahami dan amalkan seluruh isi dari sumpah tersebut, yakini apabila sumpah dijalankan secara sungguh-sungguh maka saudara akan menjadi seorang dokter yang diharapkan oleh masyarakat selama ini, yang senantiasa mengutamakan kesehatan pasien tanpa membedakan status sosial. Sebagai lulusan dari UPNVJ yang memiliki amanah sebagai Kampus Bela Negara dimana nilai Kejuangan menjadi pembeda dengan lulusan dari Universitas lainnya, bela negara harus menjadi identitas utama saudara dalam melaksanakan tugas profesional sebagai seorang dokter” jelas rektor.

dokter_baru.jpeg

( Dokter Baru dr. Ibnu Wadud Pujangga)

Dalam kesempatan ini, sebagai perwakilan dokter baru yang juga ketua dari pelaksanaan sumpah dokter pada angkatan ke - 62, dr. Ibnu Wadud Pujangga mengucapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh sivitas akademika FK UPNVJ dan para angkatan senior sehingga pada hari ini ia beserta rekan-rekannya bisa mempersembahkan sumpah dokter ini. Ibnu menceritakan berbagai berjuangan yang ditempuhnya bersama rekan-rekan yang dirasakan hingga titik ini. Ibnu merasa selama perjuangan yang ia dan rekan-rekannya lalui ini telah berbuah baik dan bisa dirasakannya.

Ibnu juga menyampaikan pesan penting yang juga sebagai motivasinya selama ini “dalam hidup terkadang kita diberikan berbagai masalah dan cobaan yang diberikan di kehidupan kita, namun jadikanlah cobaan bahkan racun sekalipun yang diberikan kehidupan kepada kita, kita nikmati sehingga akan menjadi keberkahan untuk kita dikemudian hari. Semoga gelar yang didapat akan menjadi keberkahan untuk kita semua” tutup Ibnu.

 

Berita Sebelumnya

Beni Harmoni: Pelanggaran Terhadap Hak Anak Meningkat Selama Pandemi Covid-19

Berita Selanjutnya

Yuk Sukseskan Tracer Study UPN Veteran Jakarta