Peningkatan Akreditasi Program Studi Teknik Perkapalan UPNVJ

HumasUPNVJ – Program Studi Teknik Perkapalan Fakultas Teknik Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta Pada hari Ju’mat, 28 Juni 2021 menyelenggarakan acara secara daring bersama dengan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) dalam rangka meningkatkan akreditasi di Program Studi Teknik Perkapalan.

Kegiatan ini menghadirkan tim Asesor BAN PT yaitu Prof. Ir. Acmad Zubaydi M.Eng, Ph.D dan Dr. Daeng Paroka, ST. MT.

1FDBC258-57DE-4683-9719-E16480830772.png

 

Rektor UPNVJ, Erna Hernawati dalam sambutannya mengucapkan banyak terimakasih kepada tim asesor dari BAN PT yang telah menyempatkan waktunya untuk dapat bergabung di dalam acara ini, beliau juga menyampaikan bahwa dengan adanya peningkatan ketika berstatus negeri, yaitu dengan mengembangkan UPNVJ untuk menambahkan program pemerintah salah satunya yaitu peningkatan Sumber Daya Manusia, “Prodi Teknik Perkapalan kita sudah mendapatkan doktor yang sangat mumpuni, mudah-mudahan dapat mengembangkan teknik perkapalan menjadi prodi yang unggul”. Ucapnya

“Selain itu, teknologi menjadi satu hal yang menjadi kewajiban, saat ini kita harus terus  membangun sistem informasi yang terintegrasi dan juga meningkatkan sarana prasarana yang ada. Apalagi banyak peningkatakan dari universitas kita, diantaranya peringkat nilai UTBK kita masuk 10 terbaik dari kelompok saintek UTBK-SBMPTN tahun 2020 lalu dengan nilai 585,77. Harapan kami Bisa melakukan perubahan secara cepat dan tentunya sangat membutuhkan dukungan dari semua pihak. Memiliki sumber daya aset serta SDM yang memiliki kemampuan untuk meningkatkan kemandirian institusi, kepada tim yang tergabung saya ucapkan selamat karena sudah bisa memberikan yang terbaik untuk fakultas dan universitas”. Lanjut Erna

1B1303E6-534B-469F-A5E5-74C65459ED62.png

Dekan Fakultas Teknik UPNVJ, Dr. Ir Reda Rizal, M.Si yang turut serta di dalam acara tersebut juga menyampaikan tentang Visi dan Misi serta rencana pengembangan dari Fakultas Teknik. Re-orientasi pengembangan kurikulum bertaraf internasional, Penguatan dan Pengayaan Learning Outcomes Berwawasan Global serta penguatan jejaring kerjasama dengan berbagai asosiasi industry, asosiasi ahli teknik, asosiasi profesi, asosiasi program studi, Teknik Industri (BKSTI), Teknik Mesin (BKSTM), Teknik Elektro (Fortei), Teknik Perkapalan (IMO) yang merupakan isi dari rencana pengembangan dari FT UPNVJ.

Di dalam kegiatan tersebut, Prof. Ir. Achmad Zubaydi M.Eng, Ph.d dan Dr. Daeng Paroka, ST.MT selaku tim asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) menanyakan tentang target dan analisis seperti apa yang diharapkan oleh Fakultas Teknik Perkapalan. Beliau juga memberikan saran kepada Fakultas Teknik agar Visi dan Misi antara Universitas dan juga Fakultas harus sepemikiran, agar dapat mencapai tujuan yang terbaik. Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa perlunya dilakukan diskusi terkait dengan data-data yang sudah ada.

Wiwin Sulistyawati selaku Kaprodi dari Teknik Perkapalan juga menyampaikan, “Terkait evaluasi pembelajaran akan di handle oleh tim monitor evaluasi dan prodi, sedangkan saat melakukan perencanaan awal itu didasari oleh kalender akademik”. Tuturnya

Acara yang dilakukan secara offline dan online tersebut juga dihadiri oleh 13 orang perwakilan dari Fakultas Teknik UPN Veteran Jakarta dan juga tim pendukung lainnya.

Kesimpulan yang di dapat di dalam kegiatan ini yaitu harus adanya perbaikan di dalam data-data yang dimiliki oleh Fakultas Teknik Perkapalan, sehingga kedepannya tidak menjadi miss koordinasi dan informasi yang didapat dapat ditelaah dengan baik.

2BCAEF13-9225-4DB6-81D9-1115CF905F17.png

WhatsApp_Image_2021-05-28_at_17.17.29.jpeg

Berita Sebelumnya

Tetap Jaga Kesehatan Dimasa Pandemi, UPNVJ Laksanakan Senam Sehat Bersama

Berita Selanjutnya

Warek 1 Bicara Mengenai Persiapan Smart Class Room Untuk Hybrid Learning di Masa Pandemi