LPPM UPNVJ Gelar Webinar Tata Kelola Pusat Studi

 

HumasUPNVJ - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali menggelar Webinar Nasioanl Tata Kelola Pusat Studi, pada Selasa (24/08/21).

Sri Lestari Wahyuningroem, MA., Ph.D, selaku Ketua LPPM UPNVJ dalam hal ini mengatakan perubahan status UPNVJ dari sebelumnya satuan kerja menjadi Berbadan Layanan Umum (BLU) pastinya memunculkan komitmen baru dan target baru yang harus dicapai oleh seluruh unit yang ada di kampus UPNVJ.

“Kegiatan ini merupakan komitmen UPNVJ dimana kita baru berganti status menjadi BLU, pastinya kira banyak persiapan dan rencana untuk mengembangkan dan melakukan gerakan konkrit, salah satunya mengembangkan pusat studi,” ujar Sri Lestari Wahyuningroem yang biasa disapa Ayu dalam sambutannya.

“Hal ini untuk menata kembali pusat studi yang ada di UPNVJ untuk membuat pedoman atau guide line pada fakultas dan unit-unit kampus didalamnya untuk mengembangkan studi di UPNVJ,” jelas Ayu.

“Dengan itu kami butuh banyak masukan universitas dengan pengelolaan yang lebih baik untuk pusat studi kerana kita memiliki target membuat pusat studi UPNVJ bisa relevan dan bisa signifikan membantu untuk UPNVJ perkembang,” ujarnya.

“Saya berharap semua rekan-rekan unit yang ada didalam kampus kita bisa belajar bersama pada hari ini kita juga mengundang LPPM dari kampus lain agar kedepan kita bisa berproses dan berkolaborasi dengan baik,” harapnya.

Dalam kesempatan yang istimewa ini, webinar dihadiri oleh para narsumber dengan pengalaman yang cukup baik dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.

Terdapat 3 (tiga) narasumber yang hadir yang antara lain Kepala LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Ir. Ernan Rustiadi, Dr. Sc.tech. Andy Kurniawan Kasubdit HKI dan Riset Industri Direktorat Penelitian Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Prof. Ir. Dr. Siti Subandiyah, Kepala Pusat Studi Bioteknologi UGM.

Dalam kesempatanya ketiga narasumber tersebut menjelaskan secara garis besar bagaimana struktur organisasi disetiap bidangnya masing-masing.

day_2_WEBINAR_LPPM_UPNVJScreen_Shot_2021-08-24_at_09.13.32.png

Kepala LPPM Institut Pertanian Bogor (IPB) Dr. Ir. Ernan Rustiadi, Dr. Sc.tech. saat memberikan paparan

“IPB juga melakukan identifikasi pusat menurut core bidang kajian dan keilmuan dimana didaalamnya ada sumber daya alam dan lingkungan hidup, rekayasa dan teknologi, ilmu dan teknologi bioproduksi, sosial dan humaniora, ekonomi, bisnis dan manajemen” jelas Ernan.

Selain itu dalam kesempatannya Andy Kurniawan menjelaskan tentang tema penelitian unggulan tahun 2017-2045 , capaian kebijakan tata kelola penelitian UGM, komisi etik penelitian, MEPI (Manajemen Etik dan Penguatan Integritas), terdapat 7 pusat unggulan ilmu pengetahuan, teknologi dan sains (IPTEKS) Perguruan tinggi, beberapa jumlah penghargaan yang diraih UGM dalam bidang kekayaan intelektual,

Siti Subandiyah Kepala Pusat Studi Bioteknologi UGM juga menjelaskan sejarah pusat studi bioteknologi UGM, cara kerja bioteknologi UGM hingga sumber yang dikelola dalam Bioteknologi, Pengelolaan Kerjasama Riset Nasional dan Internasional.

day_2_WEBINAR_LPPM_UPNVJScreen_Shot_2021-08-24_at_11.21.25.png

Berita Sebelumnya

Webinar: Prospek Pengembangan Jurnal Abdimas, Hadirkan Ketua Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Berita Selanjutnya

Bahas Tata Kelola Abdimas Bersama Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S