Torehkan Prestasi Gemilang, Dr. Yanto Sandy Tjang Resmi Anggota American College of Cardiology

Screen_Shot_2021-11-11_at_15.05.55.png

HumasUPNVJ - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta kembali bersuka cita, pasalnya, Dr. dr. Yanto Sandy Tjang, Sp.BTKV, MPH, M.Sc, D.Sc, Ph.D, FICS, FETCS kembali memberikan sumbangsihnya dalam dunia pendidikan kedokteran. Tidak main-main, kali ini prestasinya adalah menjadi anggota (fellow) dari sebuah organisasi internasional bermarkas di Amerika, yaitu The American College of Cardiology (ACC). Lembaga ini berkedudukan di Washington Amerika Serikat dan merupakan asosiasi nirlaba yang bergerak di bidang kedokteran yang didirikan sejak tahun 1949. American College of Cardiology (ACC) sangat selektif dalam memberikan sertifikat kepada para spesialis kardiologi yang memenuhi kualifikasi melalui pertimbangan yang super ketat. Hal ini disampaikan Dr. Yanto dalam wawancara singkatnya bersama Humas UPNVJ.

“Untuk menjadi anggota organisasi ini memerlukan assessment yang sangat ketat, yang biasanya didasarkan pada kualifikasi latar belakang pendidikan dan juga kontribusi yang signifikan, baik secara professional di bidang kardiovaskuler (penyakit jantung dan pembuluh darah) maupun di bidang penelitian. Sehingga kita cukup beruntung dari UPN Veteran Jakarta sudah ada unsur yang menjadi bagian dari college tersebut”, pungkasnya

Selain resmi menjadi fellow ACC, di tahun 2020 beliau rupanya juga telah memperoleh prestasi serupa yang tidak kalah bergengsi yaitu menjadi fellow dari American College of Surgeons. American College of Surgeons (ACS) adalah asosiasi di bidang pendidikan ilmiah dan ahli bedah yang didirikan pada tahun 1913 untuk meningkatkan kualitas perawatan pasien bedah dengan menetapkan standar tinggi untuk pendidikan dan praktik bedah.

Sebagai informasi, Dr. Yanto mendapatkan gelar spesialisnya di bidang bedah toraks kardiovaskular setelah menamatkan pendidikan di Bochum Ruhr Universitat, Jerman. Beliau yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebagai anggota, saat ini aktif sebagai dosen tetap Fakultas Ilmu Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta. Dalam hal akademis, buah karyanya juga terbilang moncer. Tidak kurang dari lima belas karya ilmiahnya dimuat dalam jurnal internasional terindeks Scopus.

Sebagai penutup, beliau menyampaikan pesannya kepada seluruh tenaga pendidik di UPNVJ agar terus bersemangat dalam menggapai prestasi-prestasi di masa yang akan datang.

“Saya pikir memang dosen harus mulai berpikir untuk melakukan penelitian untuk hal-hal yang baru sehingga bisa memberikan nilai tambah pada masyarakat. Selain itu, jika masih pemula maka kita harus bekerja secara kolaboratif dengan melibatkan orang lain yang berpengalaman di topik yang kita teliti. Jadi dosen harus berani, harus rela mengorbankan waktu, tenaga dan pikiran serta kerja cepat dan serius, UPN PASTI BISA!”, tutupnya.

Screen_Shot_2021-11-11_at_14.56.08.png

WhatsApp_Image_2021-11-11_at_13.34.25.jpeg

Berita Sebelumnya

UPNVJ Datang Ke Bappeda Depok, Bahas Kerjasama Terkait MBKM

Berita Selanjutnya

Webinar Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Seksual UIN Purwokerto, Dr. Beniharmoni : Kekerasan Seksual Di Perguruan Tinggi Tidak Boleh Dibiarkan