Teater Hijau 51 UPNVJ Raih Juara 1 dalam Festival Teater Kampus 2024

teater_upnvj_2.jpeg

HumasUPNVJ - Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ) kembali menorehkan prestasi. Kali ini, Unit Kegiatan Mahasiswa Teater Hijau 51 berhasil meraih Juara 1 dalam Kategori Aktris Pendukung Terbaik dalam ajang Festival Teater Kampus 2024 yang diadakan di Gedung Pertunjukan Wayang Orang Bharata, Jakarta.

Tidak hanya itu, Teater Hijau 51 juga meraih empat nominasi lainnya, yaitu Poster Terbaik, Pemeran Pria Utama Terbaik, Sutradara Terbaik, dan Group Teater terbaik.

Ajang perlombaan ini diselenggarakan oleh Dewan Kesenian Jakarta bersama Dinas kebudayaan, Yayasan Teater Petra, dan Teater Katak (UMN) yang biasanya dikenal dengan Festival Teater Kampus  (FTK). 

Zefanya Angelica, anggota Teater Hijau dari Fakultas Hukum UPNVJ, mengatakan bahwa jumlah peserta yang mengikuti perlombaan berjumlah 12 teater kampus, di antaranya Sanggar Noer, Teater Hijau 51 (UPNVJ), Teater Zat (UNJ), Teater Bintang (Trisakti School of Management), dan Teater Karoeng (Universitas Pakuan). 

Selain itu terdapat sanggar lain dari Ranggon Sastra (Unindra), Tema Gunadarma (Universitas Gunadarma), USB Trisakti (Trisakti), Castra Mardika (UNJ), Teater Gerimis (Institut Sains dan Teknologi Al-Kamal), Teater Camuss (Universitas Islam As- Syafi'iyah Jakarta) , LS Tera Senja (Universitas Muhammadiyah  Jakarta).

“UPNVJ mengirim 19 mahasiswa dan berkolaborasi dengan delapan mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN). Proses yang kami jalani pastinya banyak sekali tantangan, di mana dengan waktu 1,5 bulan serta anggota internal dari Teater Hijau 51 yang terbatas perempuan saja,” ungkap Zefanya.

“Kami sempat merasakan banyak keraguan dalam mengikuti perlombaan ini,” sambungnya.

Walau dengan keterbatasan dan keraguan, Zefanya beserta teman-temannya menjalani semua tahapan serta menjalankan segala upaya untuk bisa mengikuti perlombaan dengan baik.

“Selama berproses ini, baik para aktor dan aktris, serta tim artistik dan tim produksi terus berupaya mengembangkan segala skill yang ada. Menurut kami 1,5 bulan yang kami jalani merupakan masa masa yang sangatlah berat sekaligus menyenangkan. Karena kami dapat bertumbuh bersama,” ucap Zefanya.

“Kami merasa dalam proses kali ini, kami tidak hanya menemukan dan mengembangkan skill. Namun, lebih jauh dari pada itu kami menemukan arti rumah atau saudara sesungguhnya” tambahnya.

Segala upaya yang dilakukan membuahkan hasil baik. Lewat prestasi ini, Zefanya beserta rekan-rekannya merasa bersyukur dan berharap bisa terus memberikan yang terbaik untuk UPNVJ.

“Harapannya semoga Teater Hijau 51 akan menjadi semakin baik lagi, semakin erat antar anggotanya serta dapat memberikan yang terbaik untuk kampus. Parulian yang menjadi pelatih kami juga memberikan andil luar biasa! ujarnya bangga.

Berita Sebelumnya

PKP2 Batch 1 Telah Usai, Dosen UPNVJ Lebih Siap Membimbing Mahasiswa Di Masa Depan

Berita Selanjutnya

Terus Banggakan Almamater, PSVJ Juara Umum 2 Pencak Silat IPSI Malang Championship 4