Lakukan Survey Online, UPNVJ Siapkan Pengajuan Scope Audit Laporan Keuangan BLU

WhatsApp_Image_2022-02-15_at_11.32.27.jpeg

HumasUPNVJ - UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) menyelenggarakan survey online persiapan pengajuan scope audit, pada Selasa, 15/02/2022. Kegiatan survey pemilihan Kantor Akuntan Publik (KAP) ini dipimpin oleh Wakil Rektor bidang Umum dan Keuangan Prasetyo Hadi, dan Kepala Satuan Pengawas Internal (SPI) Edi Warman, serta Staf Keuangan UPNVJ.

Selain itu, turut hadir Kantor Akuntan Publik KAP) Hertanto Grace Karunawan dan Herlianto Jakarta. Kegiatan survey online ini bertujuan untuk memilih KAP yang nantinya akan bekerja untuk melakukan audit laporan keuangan Badan Layanan Umum (BLU) UPNVJ.

“KAP adalah persyaratan dari BLU yang nanti fungsinya adalah melakukan audit keuangan untuk BLU UPNVJ. Saat ini UPNVJ memiliki Dewan Pengawas BLU terdiri dari 1 ketua dan 2 anggota yang salah satu tugasnya adalah memantau kinerja keuangan,”ujar Prasetyo.

Hal tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 129/PMK.05/2020 tentang Pedoman Pengelolaan BLU yang menyebutkan bahwa Dewan Pengawas (Dewas) BLU menunjuk KAP sesuai dengan ketentuan pengadaan barang dan jasa BLU.

Prasetyo juga menambahkan saat ini UPNVJ dalam masa transisi dari PTN Satker ke BLU, dimana masih melengkapi perangkat dan persyaratan BLU dari Kementerian Keuangan yang salah satunya adalah KAP.

Nantinya dalam proses ini, KAP terpilih akan diusulkan kepada Dewas BLU dan selanjutnya akan ditetapkan oleh Rektor.

Sementara dalam proses pemilihan KAP, ada beberapa indikator yang harus dipenuhi. Kepala SPI UPNVJ mengatakan bahwa KAP yang mengikuti proses pemilihan harus terdaftar di Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Selain itu, KAP dan auditor yang akan ditugaskan nantinya harus memiliki kualifikasi dan perijinan sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan tidak sedang dikenakan sanksi. Memiliki pemahaman terhadap standar akuntansi pemerintahan dan berpengalaman melakukan audit terhadap klien minimal setara dengan BLU yang akan diperiksa, diutamakan pada klien pada bidang usaha yang sama.

Berita Sebelumnya

Bahas Pengelolaan Administratif Dewan Pengawas Badan Layanan Umum UPNVJ Lakukan Koordinasi Secara Daring

Berita Selanjutnya

UPNVJ Adakan Pemusatan Kegiatan Konversi & Pemenuhan Laporan MBKM