KSAD Sampaikan Dukungan Langsung Pendirian Prodi Spesialis Radiologi UPNVJ

IMG_2654.JPG

 

HumasUPNVJ - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, S.E., M.M mendukung pendirian program studi baru Pendidikan Dokter Spesialis Radiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ).

“Tentu saja saya mendukung,” kata KSAD saat penandatanganan nota kesepahaman antara UPNVJ dengan TNI Angkatan Darat yang membawahi Rumah Sakit Pusat TNI Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto di Markas Besar TNI Angkatan Darat, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Rabu (16/3/2022).

Pendirian program studi baru itu merupakan kerja sama antara Fakultas Kedokteran UPNVJ dengan RSPAD Gatot Subroto. Untuk mewujudkan pendirian program studi tersebut, pada Selasa (15/3/2022) telah diadakan Visitasi Kolegium Spesialis-1 oleh asesor dari Kolegium Radiologi Indonesia di RSPAD Gatot Subroto.

Selain mendiskusikan tentang rencana pendirian Program Studi Spesialis Radiologi, Rektor UPNVJ Dr. Erna Hernawati, Ak., CPMA, CA, CGOP juga menyampaikan kemungkinan UPNVJ bekerja sama di bidang lain bersama TNI Angkatan Darat sebagai penerapan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“TNI Angkatan Darat memiliki program TNI Manunggal Masuk Desa atau TMMD. Barangkali antara UPNVJ dan TNI Angkatan Darat bisa bekerja sama dalam program tersebut sebagai bentuk pengabdian masyarakat dari UPNVJ,” tuturnya.

Penandatanganan nota kesepahaman antara UPNVJ dengan TNI Angkatan Darat tersebut merupakan pembaharuan dari nota kesepahaman tentang pendidikan, pelayanan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang sebelumnya ditandatangani pada 13 Juni 2016.

Tujuan dari nota kesepahaman tersebut adalah memberikan manfaat timbal balik antara para pihak dalam kegiatan kerja sama pendidikan di bidang ilmu kedokteran, keperawatan, kesehatan masyarakat, fisioterapi, dan gizi; pelayanan kesehatan; penelitian; dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor UPNVJ mengatakan kerja sama dengan TNI Angkatan Darat sudah terjalin sejak lama karena sebelumnya UPNVJ merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Pertahanan. Fakultas Kedokteran UPNVJ didirikan berdasarkan Keputusan Menteri Pertahanan dan Keamanan RI Nomor: KEP/01/II/1993.

“Fakultas Kedokteran UPNVJ berdiri atas prakarsa dari para dokter di RSPAD,” jelas Rektor.

Penandatanganan nota kesepahaman antara UPNVJ dengan TNI Angkatan Darat tersebut juga dihadiri oleh seluruh dan Dekan Fakultas Kedokteran Dr.  dr. Taufik Fedrik Pasiak, M.Kes., M.Pd.I serta Kepala RSPAD Gatot Subroto Letjen TNI dr A Budi Sulistya.

Berita Sebelumnya

Rektor Sampaikan Perkembangan UPNVJ dalam Upacara Bendera

Berita Selanjutnya

LPPM Gelar PRA KEGIATAN COACHING CLINIC PENERBITAN JURNAL dan PAPER BERSAMA RESEARCH SYNERGY FOUNDATION 2022