Mahasiswa UPNVJ Juarai Kompetisi Pemuda Indonesia KOMPOSIA 2022

HumasUPNVJ - Masa pandemi belum juga usai, tetapi semangat dari seluruh mahasiswa mahasiswi UPN Veteran Jakarta tidak pernah luntur untuk terus berkarya dan meraih banyak prestasi. Bisa dilihat dari dua mahasiswa UPNVJ, Fillah Maulana dan Fina Puspita berhasil mendapatkan dua predikat sekaligus yaitu mendapatkan juara 1 dan juara favorit dalam kegiatan Lomba Poster dengan tema Ide Pemuda di Tahun Baru untuk Kemajuan Indonesia dengan sub tema Pendidikan yang diselanggarakan oleh KOMPOSIA (Kompetisi Pemuda Indonesia) bertaraf nasional.

Tim Humas berkesempatan melakukan wawancara melalui online dengan Fillah dan Fina, dalam wawancaranya, mereka menjelaskan tentang kompetisi yang diikuti, “Kompetisi ini diikuti oleh 150 peserta diseluruh mata cabang lombanya. Terdapat lomba poster dan essay mahasiswa dan pelajar. Lomba poster sendiri diikuti oleh 35 peserta. Peserta berasal dari Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta, diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Lampung, Universitas Udayana, Institus Pertanian Bogor, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Universitas Hasanuddin, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Sumatera Utara, Institut Teknologi Kalimantan, UPN Veteran Jakarta, UPN Veteran Yogyakarta, UPN Veteran Jawa Timur, Politeknik Negeri Jakarta dan Universitas lain yang tersebar di 5 pulau Indonesia”, jelas Fina mewakili Fillah

Mereka juga menyatakan bahwa keinginan untuk mengikuti kompetisi ini karena Fillah dan Fina melihat peluang yang terbuka lebar sehingga mereka ingin memanfaatkan hal tersebut.

Fillah menjelaskan bahwa lomba tersebut diselanggarakan full secara online melalui platform media sosial Instagram. Lomba tersebut dimulai dari tanggal 1 Februari 2022 sampai dengan 25 Februari 2022.

Dalam keterangan tertulisnya, perlombaan Poster ini melalui tahapan pendaftaran pada tanggal 1-12 Februari terlebih dahulu. Perlombaan ini dapat diikuti secara individu ataupun tim dengan maksimal 2 orang pada setiap tim. Lomba Postermengambil tema “Ide Pemuda di Tahun Baru untuk Kemajuan Indonesia Melalui Pendidikan”. Kemudian pengumpulan karya dimulai dari tanggal 1-12 Februari 2022.  melalui google form. Lalu babak penilaian karya melalui voting selama 3 hari mulai dari tanggal 21-24 Februari 2022. Pengumuman pemenang di informasikan pada tanggal 25 Januari 2022 secara daring melalui WhatsApp group dan Instagram di laman sosial media Komposia.

“Kami sering melakukan diskusi untuk membahas mengenai konsep design dan sub tema untuk lomba tersebut. Pada awalnya kami menentukan terlebih dahulu mengenai sub tema yang ingin kami ambil. Lalu kami akhirnya memutuskan mengambil sub tema pendidikan. Kemudian kami juga menentukan konsep design yang ingin kami ambil yaitu berupa poster infografis. Setelah itu, kami mengumpulkan beberapa data terkait pendidikan yang relevan dengan tema lomba. Lalu kami melakukan proses final yaitu editing poster”, jelas Fina menjawab pertanyaan tim Humas terkait proses mereka mengikuti kompetisi ini.

Fillah dan Fina juga menceritakan suka duka selama mengikuti kompetisi. “Selama proses persiapan kegiatan ada banyak suka dan duka yang kami lewati. Sebenernya bisa diilang sukanya lebih banyak karena melakukan design adalah hal yang saya sukai sehingga proses mengerjakannya terasa sangat menyenangkan terlebih lagi ketika memiliki partner yang mendukung serta membantu selama persiapan kegiatan jadi segalanya terasa lebih mudah. Duka yang kami rasakan yaitu karena masih pandemi, hal ini menyebabkan susahnya komunikasi yang kami lakukan karna tidak bisa berdiskusi secara langsung”, tangkas Fina

“Saya harap teman-teman semua dapat memanfaatkan kesempatan sebaik-baiknya untuk terus berusaha mengharumkan nama UPNVJ dalam berbagai perlombaan nasional. Serta besar harapan kami bagi UPN Veteran Jakarta untuk terus menfasilitasi Mahasiswa/I dalam berbagai perombaan nasional yang diikuti oleh Mahasiswa/I sehingga potensi-potensi yang ada terus bertambah dan tersalurkan dengan baik”, tutup Fillah diakhir wawancara.

WhatsApp_Image_2022-03-21_at_13.23.52.jpeg

Berita Sebelumnya

LPPM Gelar PRA KEGIATAN COACHING CLINIC PENERBITAN JURNAL dan PAPER BERSAMA RESEARCH SYNERGY FOUNDATION 2022

Berita Selanjutnya

Mahasiswi FH UPNVJ dipercaya Menjadi Muse dalam Launching HerStori #akuberdaya 2022