PKMM Hari Kedua Bahas Keterampilan Manajemen Organisasi dan Anti Hoaks

 

 

HumasUPNVJ - Sebagai langkah meningkatkan keterampilan mahasiswa dalam mengembangkan kepribadian, keterampilan dan sikap mahasiswa dalam mendukung kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan pendidikan. UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali menggelar Pelatihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (PKMM) secara online, pada Minggu (13/03/22).

Dr. Acim Heri Iswanto, SKM, MARS dosen Fakultas Ilmu Kesehatan UPNVJ sebagai narasumber pembuka membahas mengenai budaya dan manajemen organisasi yang menekankan pada tujuan dari organisasi dan makna dari organisasi.

Dalam pembahasannya beliau mengatakan bahwa apapun yang dilakukan harus memiliki makna, dan makna dalam organisasi harus selaras yang ingin dilakukan anggota.

“Dalam organisasi terdapat anggota memiliki tujuan bersama untuk bisa mengeksekusi pekerjaan bersama dengan mengedepankan kode etiknya” kata Acim.

Diskusi dilakukan secara interaktif oleh narasumber sehingga peserta bisa menyampaikan pertanyaan dan pendapat secara langsung kepada narasumber

Selain itu, dalam kegiatan tersebut Dr. dr. Ria Maria Theresa, Sp.KJ yang merupakan Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama juga memberikan pnenjelasan tentang kebijakan program kerja ormawa 2022 dan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI).

PKMM_2Screen_Shot_2022-03-13_at_17.36.03.png

Dalam hal ini dr. Ria menjelaskan tentang berbagai kebijakan dan beberapa tahapan yang dilakukan oleh organisasi mahasiswa untuk melaporkan apapun yang terkait dengan kinerja dan hasil prestasi agar semua kegiatan bisa terdata dalam sistem individu mahasiswa

Tidak hanya narasumber internal, kegiatan kali ini juga mengundang narasumber lain yaitu Agung Marheinis Setyadi yang merupakan Head of Konten dari Bro Digital Solution yang membahas mengenai berpikir kritis untuk melawan hoaks.

PKMM_2Screen_Shot_2022-03-13_at_13.03.38.png

“Banyak hoaks yang kita harus sadari dan banyak motif didaalamnya antara lain uang, politik, kebencian, ideologi, dan terakhir hanya iseng belaka. Perlunya kita harus mengantisipasi sejak awal karena motif hoaks saat ini semakin banyak” jelas Agung

“Berpikir kritis adalah berpikir jernih dan cerdas, berproses berpikir dengan lambar berdasarkan logika dan data untuk meminimalkan bias, kemampuan membuat keputusan yang masuk akal dan cerdas” ucapnya

Agung juga menambahkan manfaat dengan berpikir kritis jadi lebih minded, tidak mudah dimanipulasi, mengurangi kesalahan persepsi,, mengidentifikasi akar masalah, paham resiko dari keputusan kita dan menjadi problem solver.

Sebelum PKMM 2022 ditutup, para peserta mendapatkan penjelasan dari dua narasumber lainnya dari Drs. Sarlan, M.H Koordinator bidang Akademik dan Kemahasiswaan dan Suharyati, SE, MM yang merupakan Plt. Kepala Biro Umum dan Keuangan UPNVJ.

PKMM_2WhatsApp_Image_2022-03-13_at_17.44.11.jpeg

Berita Sebelumnya

Beri Pembekalan Kemampuan Manajerial kepada Pengurus ORMAWA dan UKM, UPNVJ Gelar PKMM 2022

Berita Selanjutnya

Siapkan Layanan Terbaik, UPNVJ Gelar Pelatihan Hyperbaric Chamber