Kembangkan Keterampilan Dosen, UPNVJ Gelar Pelatihan ToT AA dan PEKERTI

pekerti_UPNVJ_WhatsApp_Image_2022-07-25_at_11.32.32_AM.jpeg

 

HumasUPNVJ - UPN Veteran Jakarta menyelenggarakan pelatihan untuk Pelatih/Fasilitator (Training for Trainer) program Applied Approach (AA) dan PEKERTI (Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional).

Kegiatan yang pertama kali dilakukan ini secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor bidang Akademik Dr. Drs. Anter Venus MA, dan diikuti oleh 25 orang peserta dari 7 fakultas yang ada di lingkungan UPN Veteran Jakarta (UPNVJ).

Pelatihan ini diselenggarakan bekerja sama dengan Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dan akan berlangsung selama 5 hari dengan agenda kegiatan hari pertama dan kedua berupa pembekalan, hari ketiga penugasan, hari keempat evaluasi praktek penyampaian materi dan hari kelima adalah review dan pembekalan akhir dari tim fasilitator AA -PEKERTI UPNVJ.

Dalam sambutannya Dr. Drs. Anter Venus mengatakan bahwa pelatihan ToT AA & Pekerti dilakukan sebagai persiapan UPNVJ menyelenggarakan sendiri pelatihan AA & PEKERTI bagi dosen internal UPNVJ.

“Sebagai PTN yang sudah melewati tahap transisi dan sekarang beralih ketahap performing (unjuk prestasi) yang dicirikan pada kemandirian SDM, sudah waktunya UPN menyelenggarakan pelatihan pengembangan keterampilan pokok PEKERTI dan AA untuk dosen,” lanjut Venus.

Lebih jauh Anter Venus mengatakan bahwa pelatihan tersebut atau ToT AA-PEKERTI ini dimaksudkan agar UPNVJ memiliki SDM Internal yang menguasai dan concerned terhadap pengembangan keterampilan pedagogis mulai dari ide dasar atau filosofi Pendidikan, paradigma Pendidikan, model-model pembelajaran, memahami kebijakan-kebijakan pengelolaan Pendidikan di Indonesia hingga praktek pembelajaran di Perguruan Tinggi mulai dari penyusunan kurikulum, RPS, mengembangkan bahan ajar, bagaimana berkomunikasi dalam setiap pembelajaran, hingga melakukan evaluasi pembelajaran.

“Masing-masing bahan atau modul pelatihan ini  harus dikuasai oleh Dosen dan secara khusus dosen yang akan jadi Fasilitator AA-PEKERTI harus menguasai 1-2 modul pokok yang jadi pilihannya,” ujar Venus.

Venus berharap ToT ini betul-betul dapat menghasilkan calon-calon fasiltator AA-Pekerti yang mumpuni yang akan menjadi model dalam proses pembelajaran di kelas yang efektif, interaktif dan menyenangkan. Para fasilitator yang menjadi model dalam penguasaan keterampilan pedagogis dalam membelajarkan mahasiswa generasi Z dan milenial.

 

Berita Sebelumnya

Miliki Tujuan yang Sama, Untuk Mencerdaskan Bangsa, UPNVJ Bekerja Sama dengan Kabupaten Fakfak

Berita Selanjutnya

Pengukuhan Prof. Dr. Erna Hernawati. Ak. CPMA. CA Guru Besar UPNVJ