UPNVJ dan Kemenpora Gelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda 2022

HumasUPNVJ - Deputi Pengembangan Pemuda Kementerian Pemuda dan Olahraga Asrorun Niam Sholeh menegaskan peran strategis wirausahawan muda dalam mengakselerasi pewujudkan kemandirian bangsa.  Hal ini disampaikan  sambutan pembukaan kegiatan kick off Kuliah Kewirausahaan 2022 yang bekerja sama dengan 22 Perguruan Tinggi di Jakarta (27/03/2022).

"Menumbuhkan minat kewirausahaan dan mencetak wirausaha muda ialah bagian dari upaya mencapai SDM unggul Indonesia Maju sebagai tujuan dari pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Dan penumbuhan wirausaha muda baru akan mempercepat terwujudkan kemandirian kita sbagai bangsa", ujar Niam di depan para Pimpinan Perguruan Tinggi mitra Kuliah Kewirausahaan Pemuda. (sumber: https://bit.ly/3ArDnfb)

Sejalan dengan hal ini, UPN Veteran Jakarta kembali menjadi salah satu perguruan tinggi yang ikut serta selama empat tahun berturut-turut dalam penyelenggaraan kuliah kewirausahaan pemuda oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Kuliah umum ini diselenggarakan melalui daring (dalam jaringan) dikarenakan kondisi pandemi Covid-19 masih belum kunjung usai. Dari tahun-tahun sebelumnya, peserta kuliah kewirausahaan dari UPNVJ selalu memenuhi bahkan melebihi kuota yang ada, kuliah kewirausahaan pemuda UPNVJ diikuti oleh kurang lebih 1500 mahasiswa. (29/8)

Screen_Shot_2022-08-29_at_12.40.13.png

Prof. Erna, Rektor UPNVJ dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kemenpora RI karena kepercayaannya, “Kemenpora dari tahun ke tahun selama empat tahun berturut-turut sudah memilih UPNVJ sebagai salah satu perguruan tinggi yang  dipercaya untuk mengikuti kegiatan yang luar biasa ini”, ucap Rektor.

“Tema yang diusung pada tahun ini “Indonesia Bangkit Bersama Wirausaha”, merupakan sebuah tema yang sangat relevan dengan kondisi negeri kita saat ini. Peran Pemuda untuk Indonesia sangatlah dibutuhkan, selain itu, sebagaimana yang kita ketahui, peran UMKM yang ada pun sangat mendukung perekonomian Indonesia. Berbicara mengenai kondisi Indonesia saat ini dikarenakan pandemi Covid-19, tentunya sangat berdampak banyak dan dampaknya menyeluruh. Banyak perubahan yang terjadi, salah satunya adalah lapangan pekerjaan yang berubah total, maka dari itu kita membutuhkan mindset dari para pemuda khususnya mahasiswa-mahasiswi UPNVJ untuk bukan lagi “mencari” lapangan pekerjaan namun bagaimana kalian bisa “membuat” lapangan pekerjaan untuk banyak orang. Semoga dengan adanya kegiatan ini, para mahasiswa-mahasiswi UPNVJ mendapatkan banyak manfaat yang luar biasa yang nantinya bisa diimplementasikan dengan baik dikehidupan sehari-hari”, lanjut Rektor di akhir sambutannya.

Screen_Shot_2022-08-29_at_09.01.18.png

plt. Asisten Deputi  Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI, Drs. Imam Gunawan, MAP memberikan motivasi pada seluruh peserta, “Harapannya semoga kuliah kewirausahaan Kemenpora RI ini dapat menjadikan para mahasiswa-mahasiswi menjadi champion entrepreneur, menjadi wirausaha muda yang sukses. Kemenpora tentunya akan membekali para pemuda khususnya para mahasiswa-mahasiswi UPNVJ dengan memberikan materi karakter wirausaha, ide bisnis dan bisnis model canvas, teknik komunikasi bisnis, diskripsi produk, presentasi proposal bisnis peserta, ketiga strategi pemasaran lanjutan, dan strategi mengembangkan bisnis serta ilmu lainnya”, terang Imam Gunawan.

Kegiatan ini menghadirkan empat narasumber, diantaranya M. Apud Kusaeri, S.Pd., M.Si, yang akan membahas mengenai “Membangun Kolaborasi Ekosistem Kewirausahaan” dari PT. Pegadaian Syariah dilanjutkan dengan materi yang sesuai dengan tema kegiatan pada hari ini, yaitu: “Indonesia Bangkit Bersama Wirausaha”, yang disampaikan oleh Hendy Setiono selaku Founder & CEO of Baba Rafi Enterprise, materi mengenai “Bisnis Model Canvas”, yang dipaparkan oleh Catur Nugrahaeni Pusptita Dewi, M.Kom selaku Kepala UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan UPNVJ dan materi mengenai Dukungan PT. Pegadaian Dalam Upaya Pengembangan Kewirausahaan Pemuda yang dipaparkan oleh Ferry Hariawan - Senior Vice President PT Pegadaian.

Screen_Shot_2022-08-29_at_09.21.23.png

WhatsApp_Image_2022-08-29_at_12.18.22_PM.jpeg

Berita Sebelumnya

Hari Terakhir Pekan Lit dan Abdimas LPPM UPNVJ Ditutup dengan Peresmian LPPM Press

Berita Selanjutnya

Lima Bakal Calon Rektor UPNVJ Paparkan Visi dan Misi