DIKWAL 2022 Ditutup dengan Pembekalan Tiga Rektor UPN Veteran Se Indonesia

HumasUPNVJ - Pendidikan Awal Bela Negara (DIKWAL) 2022 sudah terlaksana selama lima hari, terhitung sejak 18 Desember sampai dengan hari ini, 22 Desember bertempat di Gedung Sabang Merauke Akademi Angkatan Udara, Yogyakarta. 

Kegiatan ini ditutup dengan pembekalan oleh tiga Rektor UPN Veteran, diantaranya Rektor UPN Veteran Yogyakarta (UPNVY), Rektor UPN Veteran Jakarta (UPNVJ), dan Rektor UPN Veteran Jatim (UPNJT) yang bertugas menjadi moderator.

Dalam sambutannya, Rektor UPNJT, Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi selaku moderator menjelaskan sedikit banyak mengenai sejarah UPN Veteran dan memberikan semangat kepada 207 peserta DIKWAL 2022, “Kita harus menciptakan pionir-pionir pembangunan bangsa, karena orang orang UPN Veteran ini lah yang akan menjadi orang-orang hebat untuk Indonesia. Kalian ini lah yang bisa menjadi bagian yang membantu UPN Veteran bisa mencapai visi-misi yang telah dibuat”, ucapnya

Acara dilanjutkan dengan pembekalan dari Rektor UPNJT Prof. Dr. Irhas. Materi yang disampaikan oleh Prof. Irhas yakni mengenai pentingnya Bela Negara dan Widya Mwat Yasa, “Bela Negara tidak terlepas dari Widya Mwat Yasa, yang dimana memiliki makna menuntut ilmu guna diabdikan untuk pembangunan bangsa dan negara. Jadi para peserta DIKWAL 2022 ini harus paham betul dengan identitas Bela Negara dan Widya Mwat Yasa, dan bisa mengimplementasikan nilai-nilai ini”, jelas Rektor UPNVY

Tidak hanya menjelaskan mengenai pentingnya Bela Negara dan Widya Mwat Yasa, Dr. Anter Venus MA, Comm menyampaikan mengenai Implementasi Nilai-Nilai Bela Negara di kehidupan sehari-sehari, “Dalam penerapan nilai Bela Negara, yang harus dipahami adalah dua pendekatan Pendidikan Bela Negara (PBN), diantaranya melalui pendekatan penalaran: harus bisa membangun karakter bela negara lewat kekuatan nalar (daya kritis, logis, argumentasi bebrbasis data) yang dijiwai nilai-nilai tradisional universal universitas dan melalui pendekatan pengalaman, yakni sebagai penanaman karakter lewat proses mengalami baik secara langsung atau tidak langsung (experiential dan vicarious learning),” jelas Rektor UPNVJ.

Penutupan DIKWAL 2022 ini ditandai dengan pengumuman peserta DIKWAL 2022 terbaik.

IMG_2541.JPG

Berita Sebelumnya

Jadikan Sarana Aspirasi, Rektor Lakukan Sarasehan Refleksi Akhir Tahun 2022

Berita Selanjutnya

Anter Venus Berikan Pemahaman Implementasi Nilai-Nilai Bela Negara di Penutupan DIKWAL 2022