Prospektiv Kembali Hadir di 2023 Berkolaborasi dengan Wadhwani Foundation

HumasUPNVJ – UPN ”Veteran” Jakarta kembali menyelenggarakan Program Stimulasi Pembelajaran Etika Kolaborasi Kreativitas (Prospektiv) di tahun 2023. Program ini sudah disiapkan sejak bulan November 2022 dan direncanakan akan dimulai Januari tahun depan.

Prospetktiv merupakan program yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru di lingkungan UPN ”Veteran” Jakarta yang mana dikenal sebagai perguruan tinggi negeri yang beridentitas bela negara dan memiliki lulusan dengan kemampuan yang unggul, kreatif, mandiri, dan bertanggung jawab.

Perbedaan penyelenggaraan Prospektiv 2023 dengan tahun-tahun sebelumnya yaitu adanya kolaborasi dengan Wadhwani Foundation yang menyediakan aplikasi berbasis web untuk digunakan mahasiswa selama menjadi peserta Prospektiv. Pada dasarnya pada kegiatan Prospektiv yang telah terselenggara mahasiswa mendengarkan paparan dari para narasumber.

Dr. Dion Dewa Barata, SE,MSM. dari Wadhwani Foundation menyampaikan hasil survey yang menunjukkan bahwasanya zamana sekarang soft skill itu sangat penting untuk dimiliki mahasiswa, ”Menurut survey, 77% dari 1000 pemberi kerja bilang soft skills sama pentingnya dengan hard skills. 67% mencari kandidat yang soft skills-nya bagus dan menomorduakan hard skills. Kenapa soft skills penting? Karena  meningkatkan employability, support career, dan enhance adaptability.” Ucapnya pada kesempatan Pelatihan Fasilitator Prospektiv 2023 (12/12) yang dilaksanakan di Hotel Grand Zury, BSD City, Tangerang.

IMG-20221212-WA0059_1.jpg

Berkaitan dengan fakta tersebut, pelaksanaan Prospektiv 2023 menekankan pada peningkatan soft skill mahasiswa baru sehingga dapat menjadi lulusan yang sesuai dengan visi UPN ”Veteran” Jakarta (sebagaimana yang disebutkan di paragraf awal). Kolaborasi dengan Wadhwani Foundation pun diharapkan mampu mewujudkannya.

Pada Prospektiv 2023, mahasiswa yang menjadi peserta nantinya akan mengikuti kursus Job Rise Intermediate yang teridi atas delapan kompetensi; communication, attitude and behavioral skills, entrepreneurial mindset, interview skills, teamwork, workplace awareness, problem solving, dan digital literacy.

Program ini bersifat self-pace program, artinya seluruhnya dikerjakan oleh peserta sendiri dalam batas waktu maksimal tiga bulan. Program ini dirancang agar bisa diselesaikan dalam waktu 60 jam. Nantinya peserta akan dihadapkan dengan tes dan harus mencapai passing grade minimal 70.

Pendaftaran Prospektiv 2023 Batch 1 diketahui sudah dibuka sejak 1 Desember lalu. Sejauh ini,
sudah terdaftar lebih dari 500 mahasiswa dari 600 kuota yang disediakan di Batch 1. Bagi mahasiswa baru yang belum mendaftar dihimbau untuk segera mendaftarkan diri melalui link https://tinyurl.com/UPNVJ paling lambat 17 Desember 2022. Informasi selanjutnya mengenai kegiatan ini dapat diakses pada laman maupun media sosial UPN ”Veteran” Jakarta.

Berita Sebelumnya

Keluarga Besar UPNVJ Ramaikan FUN BIKE 2022

Berita Selanjutnya

Prospektiv 2023: Para Fasilitator Diberikan Pelatihan Oleh Wadhwani Foundation