Training Design Thinking dan Praktiknya di Lingkungan Akademik

HumasUPNVJ - Berbicara tentang Design thinking, maka kita akan membahas sebuah ideologi atau proses kreatif untuk mencari pemecahan problem kompleks yang berpusat pada manusia (user). Design thinking dikenal pula sebagai Business of Experience (BX). Lebih jelasnya, design thinking merupakan serangkaian proses kognitif, strategis, dan praktis yang dilakukan secara berulang guna menciptakan solusi yang mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Design thinking ternyata juga sangat berguna jika penerapannya dilakukan pada aspek akademik karena dianggap mampu memberi solusi terkait berbagai permasalahan dalam perkuliahan. Berdasarkan pertimbangan inilah, maka pada hari Jum’at (3 Februari) di Aula Bhinneka Tunggal Ika diadakan pelatihan design thinking dan praktiknya di lingkungan akademik UPNVJ.

IMG_1896.JPG

Pelatihan ini difasilitasi oleh Dr. Dwi Indra Purnomo, STP, MT yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang pelatihan. Acara dibuka oleh Wakil Rektor Bidak Akademik, Dr. R. Duddy Heryadi. Dalam sambutannya Dudy menyampaikan bahwa pelatihan ini diharapkan bisa berguma bagi seluruh civitas akademika di lingkungan UPNVJ. “Hari ini kita kedatangan seorang pakar yang akan menyampaikan mengenai bagaimana caranya untuk berpikir kreatif. Narasumber ini kreatifitasnya luar bisa, kita coba belajar bagaimana berpikir secara terstruktur.selamat menikmati training ini semoga apa yang dipelajari menjadi manfaaat bagi kita semua”, Ucapnya

Dwi menjelaskan bahwa ada awalnya design thinking ini untuk memasarkan produk namun sekarang lebih ke mindset yang mudah-mudahan bisa dikembangkan di UPNVJ karena aspek dalam pemikiran ini bersifat transdisiplin, bukan lagi multi disiplin atau interdisiplin. Oleh karena itu, design thinking adalah proses memecahkan masalah yang menggunakan berbagai unsur dari toolkit perancang seperti empati dengan fokus pengguna dan percobaan untuk mendapatkan solusi baru. Acara pelatihan ini berlangsung sejak pukul 9 pagi sampai pukul 16.00 WIB dan diikuti oleh berbagai pimpinan dari dekanat hingga dosen.

Berita Sebelumnya

Sentra Vaksinasi Kembali Hadir di UPNVJ

Berita Selanjutnya

Sentra Vaksinasi UPNVJ: Masih Banyak Warga Yang Butuhkan Vaksin