3.294 Calon Mahasiswa Baru UPNVJ Ikuti Ujian Bela Negara SEMA Gelombang 2

HumasUPNVJ - Sehubungan dengan pelaksanaan Seleksi Mandiri (SEMA) Gelombang 2, UPN Veteran Jakarta (UPNVJ) kembali menggelar ujian Bela Negara yang merupakan salah satu syarat untuk lulus SEMA UPNVJ. Ujian digelar secara daring menggunakan aplikasi ujian yang disediakan dan platform zoom untuk penghubung antar peserta dan pengawas.

WhatsApp_Image_2023-07-27_at_08.32.40.jpeg

“Sejauh ini lancar semoga hingga sesi dua semua koneksi internet bisa berjalan lancar dan peserta bisa bekerjasama dengan baik oleh pengawas masing-masing” ujar Fajar Nugroho, selaku Koordinator Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun 2023 saat memandu proses Ujian Bela Negara di Gedung Merce UPNVJ Limo, Kamis (27/07/23)

WhatsApp_Image_2023-07-27_at_08.26.04_(1).jpeg

“Pengawas lebih pengalaman di ujian Bela Negara kali ini, peserta lebih siap karena ada beberapa peserta yang sudah ikut di gelombang satu namun tidak lolos dan mencoba kembali” jelas Dudy R Heryadi, Wakil Rektor Bidang Akademik UPNVJ saat memantau jalannya ujian.

Dalam kesempatannya Dudy juga menyampaikan ujian Bela Negara ini dilaksanakan dengan maksud sebagai implementasi UPNVJ sebagai kampus Bela Negara, “Ujian ini adalah implementasi dimana kita mendedikasikan diri sebagai kampus bela negara, yang diharapkan mahasiswa memiliki pemahaman lebih baik tentang nilai Bela Negara  karena Bela Negara juga masuk disetiap aspek perkuliahan di UPNVJ, ini juga menjadi kelebihan dari mahasiswa kita dan yang membedakan mahasiswa kita dengan mahasiswa lain” tambahnya.

Berdasarkan data yang diterima ujian Bela Negara menyediakan pengawas yang berjumlah  69 orang, dengan total peserta 3.294 yang terbagi dalam dua sesi, sesi pagi dan sesi siang.

Dalam pelaksanaannya peserta diminta menyiapkan dua device yaitu laptop dan handphone yang dimana laptop tergabung dalam aplikasi ujian dan handphone tergabung pada link zoom pengawas.

Peserta diminta memposisikan kamera handphone yang tergabung pada zoom dengan posisi dibelakang peserta agar pengawas dapat memantau proses ujian peserta.

Sebelum memulai ujian para peserta diminta menunjukan kartu peserta, ijazah atau surat keterangan lulus dan identitas pribadi kepada pengawas, setelah proses registrasi selesai, pengawas akan membacakan tata tertib yang wajib dipatuhi oleh peserta selama ujian.

Ujian dimulai saat peserta sudah diberikan nomor token ujian oleh pengawas dan selama berjalannnya ujian pengawas berhak menegur jika ada kecurigaan kecurangan peserta dan berhak mengeluarkan peserta dari aplikasi ujian jika teguran yang diberikan tidak dihiraukan peserta ujian.

IMG_0182.JPG

Berita Sebelumnya

Jelang Ujian Bela Negara, UPNVJ Laksanakan Uji Coba SEMA Gelombang 2

Berita Selanjutnya

Pelantikan dan Angkat Sumpah Dokter Fakultas Kedokteran UPNVJ Ke 74 Tahun Akademik 2022/2023: Komitmen dalam Membangun Profesi Medis yang Unggul