Menuju Kampus Hijau! UPNVJ Jadi Member UI GreenMetric

UPNVJ_UIGREENMETRICWhatsApp_Image_2023-08-15_at_11.09.48.jpeg

HumasUPNVJ - Dalam rangka komitmen UPN “Veteran” Jakarta (UPNVJ) menjadi kampus hijau, pada 10 Agustus 2023 lalu UPNVJ melakukan penandatanganan deklarasi UI GreenMetric World University Rankings bersama seluruh perguruan tinggi se-Indonesia di Institut Teknologi Sumatera (ITERA).

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi pada pengelolaan lingkungan hidup kampus.

“Hal ini merupakan komitmen UPNVJ untuk berkontribusi menjaga lingkungan hidup yang dimulai dari kampus dan berkomitmen mengikuti program pemeringkatan UI GreenMetric” ujar Retna Sari, SE., M.Ak, Kepala Pusat Pengelolaan Data dan Informasi serta Pemeringkatan LP3M UPNVJ.

Perlu diketahui, UI GreenMetric World University Rankings menjadi alat penilaian diri (self assesment) tentang keberlanjutan kampus untuk institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia. 

Indikator dan bobot penilaian terdiri atas (1) Keadaan dan Infrastruktur Kampus (15%), (2) Energi dan Perubahan Iklim (21%), (3) Pengelolaan Sampah (18%), (4) Penggunaan Air (10%), (5) Transportasi (18%), serta  (6) Pendidikan dan Riset (18%).

“Dalam tahap awal ini kita wajib melakukan pengisian kuesioner dengan masing-masing indikator sesuai dengan keadaan perguruan tinggi kita saat ini, dari situ kita bisa melakukan pemetaan sebagai langkah awal perubahan kita” jelas Retna.

UPNVJ_UIGREENMETRICWhatsApp_Image_2023-08-15_at_11.09.48_(1).jpeg

Berita Sebelumnya

PKKMB FEB UPN Veteran Jakarta 2023 Ditutup dengan Sukses!

Berita Selanjutnya

Peringatan HUT ke-78 RI, UPNVJ Gelorakan Semangat Gotong Royong Merdeka Belajar